YUFITA, OKTAFIYANA (2018) PENERAPAN METODE SOKRATES UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII-J SMP NEGERI 5 PONOROGO TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (482kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (100kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (288kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (672kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan menerapkan metode sokrates melalui pembelajaran matematika pada materi bangun ruang sisi datar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII-J SMP Negeri 5 Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian ini dengan syarat kelas unggulan yaitu kelas VIII-J SMP Negeri 5 Ponorogo tahun ajaran 2017/2018. Jumlah subjek penelitian sebanyak 27 siswa, menerapkan pembelajaran dengan metode sokrates pada materi bangun ruang sisi datar. Objek penelitian ini adalah tes (post-test) kemampuan berpikir kritis. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi pelaksanaan pembelajaran dan perangkat tes. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan meendeskripsikan proses pembelajaran berdasarkan tahapan metode sokrates, dan kuantitatif yaitu dengan menganalisis hasil dari post-test, kemudian menarik kesimpulan dari seluruh data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode sokrates mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika kelas VIII-J SMP Negeri 5 Ponorogo dan termasuk kategori baik. Berdasarkan analisis hasil tes akhir siklus, rata-rata kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan yaitu dari 76,16 pada siklus I menjadi 89,51 pada siklus II. Persentase jumlah siswa berdasarkan kategori berpikir kritis pada siklus I adalah 8% sangat baik, 59% baik, dan 33% cukup. Pada siklus II keadaan berubah menjadi 56% kategori sangat baik dan 44% baik. Kata Kunci: Berpikir Kritis, Metode Sokrates.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 08 Oct 2018 06:55 |
Last Modified: | 08 Oct 2018 06:55 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4309 |
Actions (login required)
View Item |