PENINGKATAN KARAKTER DISIPLIN DAN RELIGIUSITAS SISWA MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN DI MTs AL-ISLAH BUNGKAL

CHUSNU, ROIDAH (2018) PENINGKATAN KARAKTER DISIPLIN DAN RELIGIUSITAS SISWA MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN DI MTs AL-ISLAH BUNGKAL. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
A Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (552kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (508kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (545kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.DOCK.pdf

Download (256kB)
[img] Text
Lampiran 1 fix.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Roidah, Chusnu, 2018. Peningkaan karakter disiplin dan religiusitas dengan kegiatan pembiasaan di MTs Al Ishlah Bungkal. Tesis Pascasarjana Jurusan Managemen pendiudikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing : Dr. Bambang Hermanto, M,Pd.I dan Nuraini, M.Pd.I KataKKunci : Karakter,JDisiplin,LReligiusitas siswa. Pendidikan karakter harus diterapkan ke pola pendidikan siswa baik ekstra maupun pada kurikulum pembelajaran dan kehidupan budaya disekolah. Disiplin merupakan adab yang perlu ditanamkan sejak dini. Disiplin sebagai bangunan karakter yang tidak akan terbangun bila pembiasaan tidak ditanamkan. Membangun sikap disiplin sangat diutamakan karena dalam kehidupan merupakan modal yang menjadi kabanggaan lingkungan dan masyarakat. Siswa berkarakter menjadi aspek mendasar bagi kita bersama karena di Indonesia problema akhir-akhir ini muncul. Kepribadian merosot karena penanaman nilai-nilai karakter. Religiusitas yang diterapkan seperti pelaksanaan sholat dhuha dan dhuhur berjamaah diharapkan mempunyai pengaruh kepada nilai pendidikan karakter. MTs Al-Ishlah Bungkal sebagai lokasi yang penulis gunakan untuk penelitian dengan kegiataan pembiasaan sebagai sarana pembentukan karakter disiplin dan religiusitas. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan model-model penanaman karakter disiplin siswa. Untuk mengetahui model penanaman karakter berbasisi religiusitas yang diterapkan di MTs Al-Islah Bungkal. Untuk mengetahui hambatan kendala penanaman karakter disiplin dan religiusitas di MTs Al-Ishlah Bungkal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana merupakanLmetode yang menggunakan suatu prosedur penelitian yang mempunyai hasil data deskriptif, berupa data-data dari tulisan atau lisan para nara sumberKdan karakter yang dapat diamati sebagai obyek penelitian. MetodeTyang dipakai dalam penelitianMadalah pengumpulanSdata, wawancara, dokumentasi, analisis, penyajian data, terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penanaman karakter disiplin siswa MTs Al-Ishlah diantaranya : semua elemen madrasah mentaati peraturan dan tata tertib dengan baik. Absensi dilaksanakan setiap pergantian jam pelajaran dan kegiatan ekstra dan pembiasaan di madrasah. Penanaman karakter relegiusitas siswa adalah siswa melaksanakan semua kegiatan yang menuju ibadah illahiyah. Mengaji sebelum jam pelajaran, rutin jamaah dhuha dan dhuhur,amal jumat, istighosah, pengajian dll. Karakter yang terlihat dari penanaman disiplin dan relegiusitas siswa anak menjadi berakhlakul karimah, taat beragama, disiplin melaksanakan tugas sekolah maupun kegiatan rutinitas yang lain dengan penuh kesadaran.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: Editor PASCA
Date Deposited: 11 Oct 2018 03:52
Last Modified: 11 Oct 2018 03:52
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4507

Actions (login required)

View Item View Item