AMIRUL, WATI (2018) PERANAN GURU DALAM MENANAMKAN AHLAKUL-KARIMAH DAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA (Studi Kasus di Sekolah Dasar Muhammadiyah Terpadu Ponorogo). Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
a. HALAMAN DEPAN.pdf Download (531kB) |
|
Text
b. BAB I.pdf Download (239kB) |
|
Text
c. BAB II.pdf Download (252kB) |
|
Text
d. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
|
Text
e. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
|
Text
f. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
|
Text
g. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) |
|
Text
h. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Amirul Wati, 2018, Peranan Guru dalam Menanamkan Akhlakul Karimah dan Kecerdasan Emosional Siswa (Studi Kasus di SD Muhammadiyah Terpadu Ponorogo). Program Studi Pendidikan Agama Islam Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing ( I ) Dr. Afiful Ikhwan, M.Pd.I, Pembimbing ( II )Anip Dwi Saputra, M.Pd. . Pendidikan adalah salah satu proses memanusiakan manusia.Upaya pendidikan untuk memberikan solusi perkembangan dan perubahan kemanusiaan secara dinamik dan gradual berkaitan erat dengan sosok guru. Guru sebagai sosok yang tak dapat tergantikan dalam proses pendidikan harus dapat memerankan tugas dan fungsinya sebagai seorang pengajar dan pendidik, yang akan menjadi suri tauladan dalam bertindak, bersikap dan bertingkah laku. Penanaman nilai-nilai ilahiyah hanya akan diperoleh dengan pendidikan ahlak yang berpusat pada kendali jiwa, dan penanaman kepedulian sosaial hanya akan dapat diperoleh dengan optimalisasi otak emosional yang berpusat pada kendali rasa. Tujuan dari Penelitian ini secara umum untuk mengetahui: 1). peran guru dalam menanamkan ahlakul karimah dan kecerdasan emosional siswa SDMT Ponorogo, 2). hasil dari peran guru dalam menanamkan ahlakul karimah dan kecerdasan emosional siswa SDMT Ponorogo, dan 3). Apa faktor pendukung dan penghambat guru dalam dalam menanamkan Ahlakul Karimah dan Kecerdasan Emosinal siswa SDMT Ponorogo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan analisa data disktriptif kualitatif yakni yng bersifat analisis verbal non angka, dengan sumber data utama adalah kata-kata dan tindakan dan selebihnya adalah tambahan. Adapun cara pengumpulan data dilakukan dengan Observasi, Wawancara, Dokumentasi, dan trigulasi/gabungan. Dengan Informan penelitian adalah : Kepala Sekolah, Waka kurikulum dan Waka Sarpras, Guru PAI, Wali siswa dan Siswa. Hasil dari penelitian ini adalah; bahwa peran guru dengan melakukan pembimbingan, pembinaan, pembiasaan, dan keteladanan, penbinaan rasa empati, kasih sayang dan kemandirian, melalui program Tahfidz, shalat dhuha dan shalat dhuhur berjamaah, budaya antri, istirahat terbimbing, broadcast pesan hadits, upacara dan kepramukaan (HW) siswa menjadi terbiasa dan selalu menunjukkan sikap-sikap yang baik, sopan, baik dalam beribadah maupun berkomunikasi kepada guru, orang tua, teman dan orang lain. Ada beberapa faktor pendukung yaitu; adanya dukungan dari semua pihak (stakeholder) komite, kepala sekolah, semua guru dan wali siswa, Fasilitas sekolah yang memadai, Pendidik, dan Adanya antusias siswa dalam mengikuti program yang diterapkan. Adapun faktor penghambat yaitu; Perbedaan latar belakang anak baik dari keluarga dan lingkungan, Program yang sudah dijadwalkan di sekolah masih belum sepenuhnya ditindak lanjuti oleh orang tua, Pihak sekolah tidak bisa memantau kegiatan siswa sehari-hari selama di rumah dan apakah wali siswa sudah memantau dengan baik atau belum terhadap akhlak dan emosional siswa di rumah.
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies |
Depositing User: | Editor PASCA |
Date Deposited: | 11 Oct 2018 04:16 |
Last Modified: | 11 Oct 2018 04:16 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4517 |
Actions (login required)
View Item |