PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MERONCE HURUF DI TK PKK BEDRUG KECAMATAN PULUNG TAHUN AJARAN 2018/2019

ARI, OPKAMSYATUN (2018) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MERONCE HURUF DI TK PKK BEDRUG KECAMATAN PULUNG TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (756kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (652kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (470kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB)
[img] Text
Lampiran 1-19.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

ARI OPKAMSYATUN: Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Meronce Huruf di TK PKK Bedrug Kecamatan Pulung Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2018 Kemampuan membaca sangat penting bagi anak sebagai persiapan melanjutkan pendidikan berikutnya.Untuk meningkatkan kemampuan membaca anak tentunya diperlukan kegiatan pembelajaran yang menarik. Kegiatan pembelajaran yang digunakan pada penelitian ini yaitu meronce huruf. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk mendeskripsikan dan menjelaskan proses kegiatan meronce huruf untuk peningkatan kemampuan membaca anak kelompok B1 TK PKK Bedrug, KecamatanPulung. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas kolaboratif.Model penelitian yang digunakan adalah Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelompok B1 TK PKK Bedrug yang berjumlah 23 anak terdiri dari 9 anak laki-laki dan 15 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah peningkatan kemampuan membaca anak usia dini melalui kegiatan meronce huruf. Teknik analis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini, pada kegiatan meronce huruf yang sebelumnya menggunakan metode kelompok besar danadanya perubahan menjadi tim dua menunjukkan peningkatan, hal tersebut dapat dilihat dari hasil penelitian dari PraTindakan yang sebesar 21,73% meningkat sebesar 21,74% pada Siklus I menjadi 43,47%, dan mengalami peningkatan sebesar 34,79% sehingga mencapai 78,26% pada Siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dengan kegiatan meronce huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak. Kata kunci :Kemampuan membaca, Meronce huruf, Anak usia dini

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 11 Oct 2018 05:59
Last Modified: 11 Oct 2018 05:59
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4521

Actions (login required)

View Item View Item