ANIFATUR, ROWIYAH (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA GAMBAR SERI SISWA KELOMPOK B1 BUSTANUL ATHFAL AISYIYAH KENITEN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2018-2019. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
1.Halaman Depan Skripsi.pdf Download (534kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (156kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (190kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (131kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
ANIFATUR ROWIYAH: Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Media Gambar Seri Siswa Kelompok B1 Bustanul Athfal Aisyiyah Keniten Ponorogo Tahun Pelajaran 2018-2019. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan dan menjelaskan proses peningkatan kemampuan berbicara melalui media gambar seri siswa kelompok B1 Bustanul Athfal Aisyiyah Keniten Ponorogo Tahun Pelajaran 2018-2019, (2) mendiskripsikan dan menjelaskan hasil peningkatan kemampuan berbicara melalui media gambar seri siswa kelompok B1 Bustanul Athfal Aisyiyah Keniten Ponorogo Tahun Pelajaran 2018-2019. Media gambar seri dipilih karena cocok untuk melatih keterampilan berbahasa serta keterampilan ekspresi anak (berbicara dan bercerita). Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B1 di Bustanul Athfal Aisyiyah Keniten Ponorogo yang berjumlah 20 siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dari penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Indikator Keberhasilan Tindakan penelitian ini dinyatakan berhasil apabila persentase kemampuan berbicara anak yang termasuk kriteria baik mencapai 80%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak melalui media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelompok B1 Bustanul Athfal Aisyiyah Keniten Ponorogo tahun pelajaran 2018-2019. Hal ini dapat ditunjukkan dari persentase kemampuan berbicara melalui media gambar seri anak sebelum tindakan yang termasuk kriteria baik sebesar 15%. Pada tindakan Siklus I persentase kemampuan berbicara anak melalui media gambar seri yang termasuk kriteria baik sebesar 30%. Pada tindakan Siklus II persentase kemampuan berbicara anak melalui media gambar seri yang masuk kriteria baik mengalami peningkatan sebesar 85%. Hal ini menunjukkan bahwa Penelitian Tindakan Kelas ini dikatakan berhasil karena persentase kemampuan berbicara anak melalui media gambar seri susdah memenuhi indikator keberhasilan yang ditentukan yaitu, 80%. Persentase kemampuan berbicara melalui media gambar seri siswa kelompok B1 Bustanul Athfal Aisyiyah Keniten sudah memenuhi kriteria baik yaitu sebesar 85%. Kata kunci: Kemampuan Berbicara, media gambar seri
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 11 Oct 2018 06:13 |
Last Modified: | 11 Oct 2018 06:13 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4528 |
Actions (login required)
View Item |