SAIFUR, ROCHMAN (2019) Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Dan Pembinaan Akhlak Pada Siswa SMP Negeri 4 Kota Madiun (Tinjauan Metode dan Evaluasi Pembelajaran serta Pembinaan Akhlak). Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
a. HALAMAN DEPAN.pdf Download (751kB) |
|
Text
b.BAB I-dikonversi.pdf Download (208kB) |
|
Text
c. BAB II-dikonversi.pdf Download (472kB) |
|
Text
d. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
|
Text
e. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) |
|
Text
f. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
|
Text
g.1 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) |
|
Text
h.1 LAMPIRAN.pdf Download (633kB) |
Abstract
Kata Kunci : Metode, Evaluasi Pembelajaran, Pembinaan akhlak Pendidikan merupakan faktor yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Dengan pendidikan manusia dapat menduduki tempat yang terpuji di dunia. Karena pendidikan merupakan suatu proses yang dapat mempengaruhi kejiwaan seseorang. Pengetahuan agama dan akhlak merupakan hal yang sangat penting dalam berkehidupan di tengah-tengah masyarakat. Dengan pengetahuan agama dan akhlak yang baik seseorang tidak akan terpengaruh pada hal-hal yang negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan. (1) Metode yang digunakan guru dalam memberikan Pendidikan Agama Islam pada siswa SMP Negeri 4 Kota Madiun. (2) Metode yang digunakan guru dalam pembinaan akhlak pada siswa SMP Negeri 4 Kota Madiun. (3) Evaluasi yang digunakan guru dalam Pendidikan Agama Islam dan pembinaan akhlak pada siswa SMP Negeri 4 Kota Madiun. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Artinya data yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka, melainkan data yang berasal dari hasil Observasi non partisipasi (observasi non participant), Wawancara mendalam dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Metode yang digunakan Guru dalam Memberikan Pendidikan Agama Islam pada Siswa di SMP Negeri 4 Madiun adalah menggunakan metode ekspositori, keja kelompok, inkuiri, kooperatif dan kontekstual. (2) Metode yang digunakan Guru dalam Pembinaan Akhlak pada Siswa di SMP Negeri 4 Madiun adalah melalui metode pembiasaan (ketrampilan dan kecakapan). keteladanan, (dalam lingkungan sekolah), dan metode nasehat/bercerita, (menceritakan kisah-kisah para Nabi). (3) Evaluasi yang Dibuat Guru dalam Pendidikan Agama Islam dan Pembinaan Akhlak pada Siswa SMP Negeri 4 Madiun dalam bentuk laporan informasi, bentuk instrumen.
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Depositing User: | Editor PASCA |
Date Deposited: | 25 Apr 2019 01:57 |
Last Modified: | 25 Apr 2019 01:57 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4770 |
Actions (login required)
View Item |