PENALARAN MATEMATIS SISWA BERKEMAMPUAN TINGGI DAN RENDAH DALAM MENYELESAIKAN PERSAMAAN KUADRAT

Wahyudi, Wahyudi (2016) PENALARAN MATEMATIS SISWA BERKEMAMPUAN TINGGI DAN RENDAH DALAM MENYELESAIKAN PERSAMAAN KUADRAT. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. ISSN 2502-471X

[img] Text
7. Artikel JPTPP UM Malang (Juli 2016) UM MALANG.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. PEER REVIEW GABUNG UM MALANG 2016.pdf

Download (809kB)
[img] Text
JPTPP_WAHYUDI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penalaran matematis merupakan proses memperoleh kesimpulan yang didukung oleh premis-premis matematis yang diketahui atau diasumsikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran matematis siswa berkemampuan tinggi (KT) dan rendah (KR) dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat. Subjek diminta menyelesaikan soal persamaan kuadrat dengan berbagai metode penyelesaian yang mereka kuasai dan dilakukan wawancara untuk mengklarifikasi hasil pekerjaannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KT hanya memahami metode pemfaktoran dan rumus kuadratik, sedangkan KR tidak memahami metode penyelesaian persamaan kuadrat. Kedua subjek tidak memahami metode menyempurnakan kuadrat sempurna. Kedua subjek membuat dugaan, memberikan argumen dan menarik kesimpulan. Namun kedua subjek tidak memeriksa kembali hasil pekerjaannya. Kata kunci: penalaran matematis, persamaan kuadrat, metode penyelesaian

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 05 Jul 2019 07:02
Last Modified: 05 Jul 2019 07:17
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4899

Actions (login required)

View Item View Item