IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN ANAK (Studi Kasus Di TPA Al-Fattah Desa Tambang Kecamatan Pudak Kabupaten Ponorogo)

Ningrum, Retno Fatma (2019) IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN ANAK (Studi Kasus Di TPA Al-Fattah Desa Tambang Kecamatan Pudak Kabupaten Ponorogo). Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
Halaman Depan (kunci).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I (kunci).pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB II (kunci).pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB III (kunci).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] Text
BAB IV (kunci).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
BAB V (kunci).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Text
Daftar Pustaka (kunci).pdf

Download (143kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN (kunci).pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : implementasi, Metode Tilawati, Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Al-Qur’an adalah kalam Allah SWT. yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Melalui malikat jibril dan disampaikan secara berangsur-angsur dan bagi yang membacanya bernilai pahala. Membaca Al-qur’an merupakan perintah agama, seperti yang telah dijelaskan didalam surat Al-Alaq ayat pertama dengan jelas supaya umat Islam membaca dengan nama AllAh SWT. Membaca membutuhkan kemampuan memahami, mengingat dan membacanya dengan fasih. Sehingga dibutuhkan beberapa metode dalam membaca Al-Qur’an. Salah satu metode cepat membaca Al-Qur’an yaitu metode tilawati. Metode tilawati merupakan cara untuk membaca Al-Qur’an dengan cara cepat faham dan berlagu. Metode Tilawati disusun pada tahun 2002 di Pondok Pesantren Nurul Fallah Surabaya. Tujuan dari metode ini adalah meningkatkan kualitas mutu pendidikan membaca Al-Qur’an dan menciptakan metode pembelajaran yang kondusif dan efektif. Metode ini sudah banyak berkembang di masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: mengetahui perencanaan pembelajaran metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak di TPA Al-Fattah, pelaksanaan pembelajaran metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak, evaluasi pembelajaran metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan mode Miles & Huberrman meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, yang semuannya digunakan untuk menjawab permasalahan tentang implementasi metode tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Hasil dari penelitian ini disimpulkan sebagai berikut: (1) perencanaan pembelajaran metode tilawati di TPA AL-Fattah yaitu Ustad/Ustadzah dan santri mempersiapkan peralatan sebelum pembelajaran dimulai (2) pelaksanaan pembelajarannya TPA Al-Fattah menggunakan pendekatan klasikal dan baca simak (3) Evaluasi pembelajarannya ada 3 yaitu: pre test, test harian, dan tests kenaikan jilid. Pembelajaran Al-Qur’an dengan metode tilawati sudah sesuai dengan yang diharapkan TPA Al-Fattah, yaitu kemampuan membaca Al-Qur’an santri menjadi cepat faham, berlagu dan bacaannya sesuai dengan tajwid dan makhorijul hurufnya.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: implementasi, Metode Tilawati, Kemampuan Membaca Al-Qur’an.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 27 Sep 2019 02:04
Last Modified: 27 Sep 2019 02:31
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4964

Actions (login required)

View Item View Item