MURTI, BADRIYAH (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW PADA SISWA KELAS VIIF SMP NEGERI 2 KECAMATAN KAUMAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
BAB DEPAN.pdf Download (401kB) | Preview |
|
Text
BAB 1-V JADI.pdf Restricted to Repository staff only Download (571kB) |
||
|
Text
Jurnal Skripsi.pdf Download (279kB) | Preview |
|
|
Image
Scan Lembar Pengesahan.jpg Download (469kB) | Preview |
|
|
Image
Scan Lembar Persetujuan.jpg Download (398kB) | Preview |
Abstract
Murti, Badriyah. 2013. “Peningkatan Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw pada Siswa Kelas VIIF SMP Negeri 2 Kecamatan Kauman Tahun Pelajaran 2012/2013” Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing : Erika Eka Santi, M. Si, Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Jigsaw, Aktivitas dan Prestasi Belajar. Rendahnya aktivitas belajar dan prestasi belajar matematika siswa SMP Negeri 2 Kecamatan Kauman disebabkan oleh pembelajaran yang digunakan. Semua pembelajaran masih bertumpu pada guru, siswa kurang dilibatkan secara langsung dalam proses pembelajaran. Sehingga perlu adanya model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa, salah satunya yaitu model pembelajaran kooperatif Jigsaw. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian tindakan ini adalah (1) Apakah dengan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas siswa belajar matematika pada siswa kelas VIIF SMP Negeri 2 Kecamatan Kauman? (2) Apakah dengan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIIF SMP Negeri 2 Kecamatan Kauman? Tujuan penelitian tindakan ini adalah untuk (1) Meningkatkan aktivitas siswa belajar matematika pada siswa kelas VIIF SMP Negeri 2 Kecamatan Kauman (2) Meningkatkan prestasi belajar matematika siswa pada siswa kelas VIIF SMP Negeri 2 Kecamatan Kauman. Jenis penelitian tindakan kelas ini mengambil subjek siswa kelas VIIF SMP Negeri 2 Kecamatan Kauman. Pengumpulan data dilakukan dengan tes (untuk menilai kemampuan siswa) dan lembar pengamatan (untuk tingkat keaktifan siswa). Urutan kegiatan penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis aktivitas siswa diperoleh aktivitas siswa dengan model pembelajaran kooperatif Jigsaw mengalami peningkatan. Hal ini terlihat adanya peningkatan persentasi rata-rata aktivitas siswa dari 67.6% pada siklus I menjadi 82.6% pada siklus II, ada peningkatan aktivitas sebesar 15%. Sedangkan untuk prestasi belajar menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw memiliki dampak positif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan belajar siswa meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu 53.57% menjadi 82.14% dengan peningkatan 28.57%. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif Jigsaw viii dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIIF SMP Negeri 2 Kecamatan Kauman. Jadi, pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan prestasi siswa pada siswa kelas VIIF SMP Negeri 2 Kecamatan Kauman.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 06 May 2014 04:19 |
Last Modified: | 06 May 2014 04:19 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/516 |
Actions (login required)
View Item |