Rufaida, Nindi Najiha (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 6 PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (787kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (183kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (213kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (228kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (125kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Matematika merupakan ilmu dasar yang memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari ataupun dalam pengembangan ilmu pengetahuan lain. Tujuan mata pelajaran matematika perlu diberikan kepada siswa mulai dari sekolah dasar untuk membekali siswa dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif sehingga siswa akan mampu untuk memecahkan masalah. Berdasarkan observasi, pemecahan masalah matematika siswa di sekolah masih rendah. Hal ini dikarenakan selama ini dalam proses pembelajaran siswa kurang diberi kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya dalam memecahkan masalah. Salah satu model pembelajaran yang mampu untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) yang dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 6 Ponorogo dan mendeskripsikan peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 6 Ponorogo.Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa diharapkan mampu membuat siswa siap dalam menghadapi masalah dalam kehidupannya.Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan masalah melalui penerapan seperti (a) pada tahap berpikir, siswa secara individu membaca dan menuliskan hal yang belum atau sudah dipahami dan boleh bertanya pada guru apabila belum paham. (b) siswa mulai membentuk kelompok dan berdiskusi dengan temannya untuk menemukan jawaban yang benar. (c) pada tahap menulis, siswa menuliskan hasil diskusi dengan kelompoknya secara individu. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada siklus 1 rata-rata adalah 51.11%, pada siklus 2 meningkat menjadi 57.10% dan pada siklus 3 meningkat lagi menjadi 69.34%. Setelah melewati siklus 3 maka kemampuan pemecahan masalah meningkat dan masuk pada kategori baik.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW), kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 24 Aug 2020 02:23 |
Last Modified: | 24 Aug 2020 02:23 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5487 |
Actions (login required)
View Item |