ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KARAKTERISTIK CARA BERPIKIR PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 KAUMAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Putri, Rochmah Anindia (2019) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KARAKTERISTIK CARA BERPIKIR PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 KAUMAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi mengenai kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari karakteristik cara berpikir siswa tipe Sekuensial Konkret (SK), Sekuensial Abstrak (SA), Acak Konkret (AK), dan Acak Abstrak (AA). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskripsi kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah 8 siswa kelas IX-A SMP Negeri 1 Kauman yang dipilih dari masing-masing tipe 2 subjek penelitian secara purposive sample. Pemilihan subjek berdasarkan pertimbangan guru mengenai kemampuan siswa dalam menyampaikan pendapat secara lisan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan angket karakteristik cara berpikir, tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara. Seluruh siswa kelas IX-A diidentifikasi karakteristik cara berpikirnya melalui angket karakteristik cara berpikir. Sedangkan data mengenai kemampuan pemecahan masalah dianalisis dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah lalu dilakukan triangulasi dengan data hasil wawancara. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan tahap yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dengan karakteristik cara berpikir tipe SK mencapai indikator memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, dan memeriksa kembali hasil. SA sudah mencapai indikator memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali hasil. AK mencapai indikator memahami masalah, merencanakan pemecahan masalah, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali hasil.Dan AA hanya mencapai indikator memahami masalah dan merencanakan pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah, Karakteristik Cara Berpikir
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 24 Aug 2020 02:22
Last Modified: 24 Aug 2020 02:22
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5490

Actions (login required)

View Item View Item