PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SEDERHANA MENGGUNAKAN KOMIK DENGAN LATAR CERITA REYOG PONOROGO

Mahmudah, Siti (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL SEDERHANA MENGGUNAKAN KOMIK DENGAN LATAR CERITA REYOG PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (653kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (793kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (482kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (488kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran bagi siswa kelas VII semester 2 berupa komik matematika dengan materi aritmatika sosial sederhana menggunakan latar cerita Reyog Ponorogo. Media pembelajaran ini diharapkan mampu menarik minat siswa dalam belajar matematika khususnya materi aritmatika sosial sederhana. Selain itu penggunaan latar cerita Reyog Ponorogo secara tidak langsung juga sebagai upaya pengenalan budaya lokal kepada siswa sejak dini. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan 6 dari 10 langkah dalam model pengembangan menurut Sugiyono yaitu identifikasi masalah, mengumpulkan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Penilaian terhadap produk dilakukan melalui dua cara yaitu angket respon melalui uji coba responden/siswa dan penilaian dari ahli materi dan media. Uji coba skala kecil dilakukan terhadap 5 siswa dan uji coba skala besar dilakukan pada 29 orang siswa SMP/sederajat. Sementara penilaian dari ahli media dan ahli materi didapat dari pengisian angket untuk mengetahui tingkat kevalidan dari media yang dihasilkan. Kemudian data yang telah diperoleh dengan skala likert selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan metode pearson. Hasil dalam penelitian ini adalah penilaian dari ahli materi 1 dan 2 sebesar 76% dan 79% dengan koefisien korelasi 0,71 masuk kategori baik dan valid. Penilaian dari ahli media 1 dan 2 sebesar 83,07% dan 98% dengan koefisien korelasi sebesar 0,625 yang masuk dalam kategori sangat baik dan valid. Hasil uji coba pada siswa didapat skor rata-rata 3,3 dengan persentase 82% masuk dalam kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan media komik matematika materi aritmatika sosial sederhana ini layak dan menarik untuk digunakan sebagai media dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, aritmatika sosial, komik, cerita Reyog Ponorogo
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 24 Aug 2020 02:22
Last Modified: 24 Aug 2020 02:22
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5495

Actions (login required)

View Item View Item