IMPLEMENTASI MEDIA SEMPOA DALAM MENSTIMULUS KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA AUD PADA LEMBAGA SEMPOA BUAH HATI

Mahmudah, Fadlilah (2019) IMPLEMENTASI MEDIA SEMPOA DALAM MENSTIMULUS KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA AUD PADA LEMBAGA SEMPOA BUAH HATI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN SKRIPSI FADLILAH 15340022.pdf

Download (891kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (560kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi media sempoa dalam menstimulus kecerdasan logika matematika AUD pada lembaga Sempoa Buah Hati. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas B2 di lembaga Sempoa Buah Hati. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di lembaga Sempoa Buah Hati Cabang Ponorogo. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas B2, dua orang guru, satu admin lembaga, dan pimpinan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan konsep milik Miles and Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa ada beberapa hal yang dilakukan Sempoa Buah Hati dalam menstimulus kecerdasan logika matematika Anak Usia Dini yaitu merangsang ketertarikan anak dengan menggunakan media sempoa yang besar. Merangsang kesenangan anak terhadap penalaran dengan mencontohkan terlebih dahulu menghitung tanpa alat. Merangsang kesukaan anak terhadap angka dengan cara menghafalkan urutan angka sambil bernyanyi. Menstimulus anak agar suka berhitung dengan selalu membiasakan anak dengan angka. Merangsang anak untuk bertanya dengan memacu anak untuk segera naik ke level selanjutnya, anak akan lebih sering bertanya jika tidak paham akan materinya. Menstimulus anak agar memahami sebab akibat dengan menjelaskan sebab sekaligus akibatnya jika anak melakukan suatu hal. Dunia anak-anak diperlukan pembelajaran yang sesuai dengan usia mereka, karena anak akan lebih mudah memahami materi yang diberikan dengan pembelajaran yang dikemas secara menyenangkan dan tidak membosankan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Media sempoa, kecerdasan logika matematika, AUD
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 24 Aug 2020 03:58
Last Modified: 24 Aug 2020 03:58
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5504

Actions (login required)

View Item View Item