Ladi, Ladi (2020) DAMPAK KKN DAN PPL INTERNASIONAL DI KAMBOJA BAGI PENIGKATAN KOMPETENSI KEGURUAN MAHASISWA FAI UNMUH PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
1. HALAMAN DEPAN LADI 07 september.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (501kB) |
|
Text
3. BAB II.pdf Download (837kB) |
|
Text
4. BAB III.pdf Download (426kB) |
|
Text
5. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB V.pdf Download (241kB) |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (346kB) |
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Ladi. 2020. Dampak KKN dan PPL Internasional di Kamboja Bagi Peningkatan Kopetensi Keguruan Mahasiswa FAI UNMUH Ponorogo. Skripsi Program Strara Satu (S-1), Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: (1) Katni,M.Pd.I (II) Sigit Dwi Laksana, M.Pd.I Kata Kunci: Peran KKN dan PPL, Peningkatan, Kompetensi Keguruan KKN dan PPL adalah sebuah program yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Ponorogo, dimana melalui program ini mahasiswa dari berbagai fakultas yang nantinya memiliki dampak bagi pengalaman praktis sesuai prodinya masing-masing. Bagi prodi Keguruan merupakan pengalaman lapangan bagi pengembangan kometensi keguruan.. KKN dan PPL Internasional diselenggarakan untuk membekali mahasiswa memiliki pengalaman lebih di negara lain. Kamboja adalah salah satu negara yang dijadikan tujuan untuk melaksanakan program KKN dan PPL Internasional bagi para mahasiswa prodi PAI dan PGMI. Negara Kamboja memiliki banyak hal yang berbeda mulai dari kultur, bahasa dan sistem pendidikan yang menarik untuk dikaji sebagai tempat KKN dan PPL Intenrasional yang berdampak kepada kompetensi keguruan mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dampak KKN dan PPL pada kompetensi keguruan yang dimilki mahasiswa FAI Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Jenis penelitian yang dilakukan peneliti merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Sedangkan pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam analisis data kualitatif ini analisis dilakukan secara terus menerus sampai tuntas. Hasil temuan peneliti ini adalah: Dampak KKN dan PPL pada kompetensi keguruan dapat dibedakan menjadi beberapa kompetensi diantaranya adalah (1) Kompetensi pedagogik para mahasiswa perseta KKN dan PPL Internasional di SERPAMA Kamboja lebih percaya diri dalam pengelolaan perserta didik karena bisa memahami perserta didik secara mendalam, merancang pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran, dan mengembangkan perserta didik; (2) Kompetensi kepribadian para mahasiswa perserta KKN dan PPL Internasional di SERPAMA Kamboja telah mampu menunjukkan kepribadi yang mantap, stabil, dewasa, arif, berwibawa, berakhlak mulia yang menjadi teladan perserta didik, mengevaluasi kinerja sendiri, mengembangkan diri secara berkelanjutan; (3) Kompetensi sosial para mahasiswa perserta KKN dan PPL Internasional di SERPAMA Kamboja mampu dalam berkomunikasi secara efektif dan efisien dengan perseta orang tua/wali perseta didik, sesame pengajar, dan masyarakt sekitar, dan mampu mengunakan teknologi komunikasi dan informasi secara funsional; (4) Kompetensi Profesional para mahasiswa perserta KKN dan PPL Internasional di SERPAMA Kamboja mempunyai kemampuan menguasai materi pembelajaran secara luas dan mendalam seperti menerapkan konsep-konsep keilmuan dalam sehari-hari, mengetahui hubungan konsep antar mata pelajaran, menguasi materi dan kurikulum sekolah, mampu berkompetisi secara profesional, dan menguasai konsep, struktur, dan materi yang di ajarkan.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran KKN dan PPL, Peningkatan, Kompetensi Keguruan |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 04 Jan 2021 01:22 |
Last Modified: | 04 Jan 2021 01:22 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5635 |
Actions (login required)
View Item |