Sukmawardani, Afrida (2020) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI DARUL FIKRI BRINGIN KAUMAN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (313kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (583kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (670kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (443kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Sukmawardani Afrida, 2020. “Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Prestasi Belajar Peserta DiDik Di MI Darul Fikri Bringin Kauman Ponorogo”.Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: (1) Dr. Syarifan Nurjan, MA, (II) Sigit Dwi Laksana, M.Pd.I Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Guru, Prestasi Belajar Keberhasilan dalam dunia pendidikan tidak lepas dengan yang namanya peran seorang pendidik.Pendidik harus meliliki keahlian dan kemampuan dalam mendidik disekolah. Hal tersebut tidak lepas dengan kompetensi, dimana kompetensi yang harus dimiliki oleh pendidik mencangkup 4 kompetensi, yakni kompetensi pedagogik, kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, dan kompetensi professional. Proses belajar mengajar akan berhasil apabila pendidik memiliki kompetensi tersebut. Utamanya yakni kompetensi pedagogik, karena kompetensi tersebut mempunyai kontak erat dengan peserta didik dan proses pembelajaran, sehingga hal tersebut mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar dan prestasi belajar peserta didik. Skripsi ini memiliki tujuan yaitu (1) Untuk mengetahui kompetensi pedagogik guru di MI Darul Fikri Ponorogo; (2) Untuk mengetahui prestasi belajar peserta didik di MI Darul Fikri Ponorogo; (3) Untuk mengetahui pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar peserta didik di MI Darul Fikri Ponorogo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.Peneliti menggunakan metode angket, observasi, dan dokumentasi dalam pengumpulan data.Subyek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV, V, dan VI yang berjumlah 125 dengan jumlah rombongan belajar (rombel) sebanyak 7 rombel.Teknik yang digunakan adalah Random sampling yang diperoleh sampel sebanyak 55 responden. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) ditemukan bahwa kompetensi pedagogik guru di MI Darul Fikri termasuk dalam kategori sedang, hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil analisis deskriptif yang menunjukkan frekuensi tertinggi dari 55 responden berada pada kategori sedang sebanyak 37peserta didik atau presentasenya sebesar 67,3% dengan rentang nilai (78,98 ≤ X < 90,87); (2) ditemukan bahwa prestasi belajar peserta didik di MI Darul Fikri termasuk dalam kategori sedang, hal ini dibuktikan berdasarkan hasil analisis deskriptif yang menunjukkan frekuensi tertinggi dari 55 responden berada pada kategori sedangyaitu sebanyak 31peserta didik atau presentasenya sebesar 56,4% dengan rentang nilai (66,71≤ Y <79,32); (3) terbukti bahwa terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar peserta didik di MI Darul Fikri Ponorogo dengan hasil perhitungan nilai(〖t 〗_hitungsebesar 4,775>〖t 〗_tabel2,006) dan (nilai signifikansi 0.000 < 0.05) maka Ha diterima. Berdasarkan hal tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar peserta didik yaitu sebesar 30,1% sedangkan 69,0% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik, Guru, Prestasi Belajar |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 06 Jan 2021 01:13 |
Last Modified: | 06 Jan 2021 01:13 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5657 |
Actions (login required)
View Item |