Ma’ruf Azis Astomy, Amar (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DI SDIT NURRHOMAN SLOGOHIMO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
01 HALAMAN DEPAN.pdf Download (850kB) |
|
Text
02 SKRIPSI AMAR M.A.A BAB I.pdf Download (251kB) |
|
Text
03 SKRIPSI AMAR M.A.A BAB II.pdf Download (338kB) |
|
Text
04 SKRIPSI AMAR M.A.A BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (246kB) |
|
Text
05 SKRIPSI AMAR M.A.A BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) |
|
Text
06 SKRIPSI AMAR M.A.A BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (74kB) |
|
Text
07 SKRIPSI AMAR M.A.A DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (69kB) |
|
Text
08 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Astomy, Amar Maruf Azis. 2020. Implementasi Pendidikan Karakter Religius di SDIT Nurrohman Slogohimo. Skripsi. Program Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing (I) Dr. Happy Susanto, MA (II) Sigit Dwi Laksana, M.Pd Kata Kunci: Pendidikan Islam, Pendidikan Karakter Religius Pendidikan idealnya tidak hanya mencerdaskan pengetahuan anak saja akan tetapi juga harus mampu membentuk karakter anak sebaik mungkin untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin sulit. Dalam menghadapinya perlu diajarkan karakter religius kepada anak sehingga menjadi siap menghadapi tantangan zaman. Karakter yang lebih optimal untuk diajarkan adalah karakter religius karena di dalamnya memuat nilai-nilai ajaran agama yang menjadi pedoman dalam menjalani hidup, sehingga anak harus dibekali karakter religius sejak dini supaya siap menghadapi tantangan kehidupan dan berjalan sesuai dengan ajaran agama yang dipercayainya. Hal inilah yang diupayakan SDIT Nurrohman sebagai upaya untuk membekali muridnya menghadapi tantangan kehidupan yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter religius di SDIT Nurrohman Slogohimo, (2) untuk mengetahui hasil implementasi pendidikan karakter religius di SDIT Nurrohman Slogohimo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu proses penilaian yang dapat menghasilkan data secara deskriptif yaitu data secara tertulis atau dari perkataan orang lain dan kejadian yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan bahwasanya di SDIT Nurrohman mengembangkan kurikulum sesuai dengan arahan dari YPIT (Yayasan Pendidikan Islam Terpadu) Wonogiri dan juga disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan sekolah untuk mengajarkan karakter religius. Karakter yang diajarkan diantaranya taat, tawakal, sabar, jujur, adil, ikhlas, cinta tanah air, dan menghormati agama lain. Cara yang dilakukan untuk mengajarkan karakter religius yaitu guru menyisipkan materi karakter religius dalam setiap pembelajarannya. Kemudian juga mengajrkannya melalui kegiatan ekstrakurikuler. Kemudian pihak sekolah juga bekerja sama secara aktif dengan wali dalam mengajarkan pendidikan karakter religius. Guru dan seluruh penghuni sekolah juga dituntut untuk memberu uswah hasanah/contoh yang baik dalam berperilaku sehari-hari dan kemudian membiasakannya sehingga akan terbentuk budaya yang baik. Hasil dari implementasi yang dilakukan diantaranya yaitu peserta didik yang sudah mulai membaik karakternya, hal ini bisa dilihat dari sikap kesehariannya bagaimana ia berinteraksi dengan guru dan temannya di sekolah. Selain itu juga penilaian dari wali yang menceritakan perkembangan anaknya setelah di ajar di sekolah.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam, Pendidikan Karakter Religius |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 06 Jan 2021 01:39 |
Last Modified: | 06 Jan 2021 01:39 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5659 |
Actions (login required)
View Item |