POLA PENDIDIKAN ISLAM RAMAH ANAK DI SEKOLAH RENDAH BERSEPADU MUSA ASIAH (SERPAMA), CAMBODIA

Kusumawati, Herlyn (2020) POLA PENDIDIKAN ISLAM RAMAH ANAK DI SEKOLAH RENDAH BERSEPADU MUSA ASIAH (SERPAMA), CAMBODIA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN (Judul-Abstrak).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (459kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (326kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Herlyn Kusumawati. 2020. Pola Pendidikan Islam Ramah Anak di Sekolah Rendah Bersepadu Musa Asiah (SERPAMA), Cambodia. Skripsi. Program Strata Satu (S-1), Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing : (I) Katni, M.Pd.I (II) Ayok Ariyanto, M.Pd.I Kata Kunci : Pola Pendidikan, Pendidikan Islam, Ramah Anak Sekolah Rendah Bersepadu Musa Asiah (SERPAMA) Cambodia merupakan satu-satunya lembaga pendidikan dasar Islam di wilayah Svay Khleang, Cambodia. Pendidikannya sudah menerapkan sistem ramah anak tanpa adanya kekerasan. Hal ini dapat dilihat dari proses pembelajaran, pelengkapan fasilitas sekolah. Untuk mencapai sekolah ramah anak tidak terlepas dari sarana dan prasarana, perpustakaan, masjid dan juga kelas yang nyaman. Untuk proses pembelajarannya guru di SERPAMA diharuskan untuk dapat menguasai kelas atau mengendalikan anak-anak ketika belajar di kelas. Selain itu, SERPAMA berada di lingkungan minoritas muslim yang menggunakan 2 kurikulum dalam proses pembelajarannya, yaitu kebangsaan dan keagamaan. Pola pendidikan ramah anak di SERPAMA terlihat terstruktur jelas dengan adanya 2 kurikulum tersebut, materi pembelajaran kebangsaan dilakukan pada pagi hari dan materi keagamaan dilaksanakan pada sore hari. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: untuk mendeskripsikan tentang bagaimana konsep pendidikan ramah anak di SERPAMA (Sekolah Rendah Bersepadu Musa Asiah) Cambodia, untuk mendeskripsikan bagaimana pola pendidikan Islam ramah anak di SERPAMA (Sekolah Rendah Bersepadu Musa Asiah), Cambodia. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif, pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, pengumpulan data tersebut digunakan untuk menjawab permasalahan tentang pola pendidikan Islam ramah anak. Analisis data yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa: (1) Konsep pendidikan ramah anak yaitu melalui lingkungan yang asri, bersih, aman, rapi, indah, pembelajaran inklusif yang ramah, tidak ada kekerasan didalamnya, dan juga dengan pelengkapan fasilitas: (2) Pola pendidikan Islam ramah anak dapat dilihat dari adanya 2 kurikulum yang dimiliki SERPAMA yaitu kebangsaan dan keagamaan, metode pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan, pembiasaan sebelum pembelajaran, penciptaan suasana lingkungan dan sarana prasarana sekolah yang nyaman, aman, asri, indah, inklusif, serta memiliki guru yang professional yang ramah terhadap anak

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Pola Pendidikan, Pendidikan Islam, Ramah Anak
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 06 Jan 2021 02:50
Last Modified: 06 Jan 2021 02:50
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5666

Actions (login required)

View Item View Item