Fitri, Rahadyan (2020) DAMPAK PROGRAM HAFALAN AL QUR’AN TERHADAP REGULASI DIRI SISWA STUDI KASUS DI MI ALAM ISLAMIC CENTER PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
01. HAL Depan.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (399kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (497kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (338kB) |
|
Text
lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Fitri, Rahadyan 2020. Dampak Program Hafalan Al Qur’an Terhadap Regulasi Diri Siswa Studi Kasus Di MI Alam Islamic Center Ponorogo. Skripsi. Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing (I) Ridho Kurniawan,M.Ag (II) Rohmadi, M.P.I Kata Kunci: Program Hafalan al Qur’an, Regulasi Diri Pendidikan merupakan tema menarik yang tidak pernah berhenti menjadi topik pembahasan sepanjang zaman. Indikator sebuah peradaban dikatakan maju salah satunya apabila pendidikan pada zaman itu maju pula. Belajar dari kejayaan peradaban islam yang mampu bertahan selama berabad-abad lamanya bahwa pendidikan yang paling utama ditanamkan dan diajarkan kepada anak sejak kecil adalah pendidikan al-Qur’an. Faktanya mulai dari zaman Rasulullah mengeluarkan kegelapan zaman, perbudakan, dan kekerasan menuju zaman dengan peradaban gemilang karena celupan al-Qur’an yang dibawa Rasulullah. Kemudian hingga masa Sultan Muhammad Al Fatih pembebas Konstantinopel yang sejak kecil sudah hafal al-Qur’an. Semua peradaban gemilang sepanjang zaman selalu dilatarbelakangi peran pendidikan al-Qur’an di dalamnya. Begitupun saat ini dimana pendidikan al-Qur’an mulai menyebar di berbagai penjuru dunia termasuk Indonesia. Pendidikan al-Qur'an telah menyebar rata mulai dari pendidikan dasar sampai pendidikan atas dengan mengadakan beberapa program hafalan al qur’an yang termasuk di MI Alam Islamic Center Ponorogo. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana bentuk program hafalan al qur’an terhadap regulasi diri siswa studi kasus di MI Alam Islamic Center Ponorogo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk program hafalan al qur’an terhadap regulasi diri siswa studi kasus di MI Alam Islamic Center Ponorogo. Bagaimana dampak program hafalan al qur’an terhadap regulasi diri siswa di MI Alam Islamic Center Ponorogo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana dampak program hafalan al qur’an terhadap regulasi diri siswa di MI Alam Islamic Center Ponorogo. Penulis menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian yang difokuskan untuk mendiskripsikan suatu keadaan yang cenderung mengunakan analisis, dan dengan menggunakan teori Bandura dalam regulasi diri Hasil dari penelitian yang penulis lakukan adalah sebagai berikut : Bentuk program hafalan al qur’an di MI Alam Islamic Center Ponorogo yang terdiri dari Murajaah, ziyadah, tasmi’ dan juga tahfizh camp. Beberapa program baik dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dalam pencapaian dengan diadakannya program ini sudah sangat baik. Dampak program hafalan al qur’an terhadap regulasi diri siswa sudah mulai terlihaat baik, baik dalam pelaksanaan maupun pembelajaran yang dilakukan.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Hafalan al Qur’an, Regulasi Diri |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 07 Jan 2021 02:43 |
Last Modified: | 07 Jan 2021 02:43 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5679 |
Actions (login required)
View Item |