PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN WALI SANTRI DALAM MENYEKOLAHKAN ANAKNYA DI MADRASAH IBTIDAIYYAH DARUL FIKRI, BRINGIN, KAUMAN PONOROGO TAHUN AJARAN 2019/2020

Aminah, Siti (2020) PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUTUSAN WALI SANTRI DALAM MENYEKOLAHKAN ANAKNYA DI MADRASAH IBTIDAIYYAH DARUL FIKRI, BRINGIN, KAUMAN PONOROGO TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (969kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (525kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (410kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx.pdf

Download (186kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx.pdf
Restricted to Registered users only

Download (678kB)

Abstract

ABSTRAK Siti Aminah, Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Wali Santri Dalam Menyekolahkan Anaknya Di Madrasah Ibtidaiyyah Darul Fikri, Bringin, Kauman Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2020. Kata kunci: Marketing Mix, Pendidikan, Madrasah Ibtidaiyah Pendidikan merupakan produk jasa yang dihasilkan dari lembaga pendidikan yang bersifat nonprofit, sehingga hasil dari proses pendidikan kasad mata. Ketatnya persaingan antar lembaga pendidikan mengharuskan untuk memberikan inovasi dan keunggulan-keunggulan bagi setiap lembaga untuk menarik minat calon wali satri dan peserta didik agar lembaga pendidikan tersebut tetap eksis di masyarakat. Sehingga diperlukan sebuah strategi pemasaran pendidikan yaitu dengan mengelaborasi marketing mix. MI Darul Fikri merupakan salah satu jenjang pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Darul Fikri Bringin, Kauman, Ponorogo. perkembangan jumlah penerimaan peserta didik baru di MI Darul Fikri mengalami pasang surut, hal itu dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktor yang mempanguruhi adalah kurangnya menggunakan strategi pemasaran yang maximal. Beberapa strategi yang dilakukan oleh MI Darul fikri juga sudah diterapkan mulai dari pembebasan uang gedung, ada program tahfidz dan muhadhoroh serta fasilitas-fasilitas lain seperti gedung dan lapangan, masjid untuk menunjang proses belajar mengajar santri Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara variabel marketing mix (harga, produk, tempat dan promosi) terhadap keputusan walisantri Madrasah Ibtidaiyah Darul Fikri. Sampel yang digunakan seluruh santri yang masuk di madrasah (santri kelas 1) pada tahun ajaran 2019/2020 yaitu sebanyak 50 santri. Penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda yaitu dengan uji t untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan uji F untuk mengetahui pengaruh secara simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial hanya ada dua variabel marketing mix yang berpengaruh secara signifikan yaitu variabel produk (2,399>1,68) dan tempat (2,717>1,68) untuk variabel harga (0,864<1,68) dan promosi (0,363<1,68) terbukti tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan walisantri dalam menyekolahkan anaknya di Madrasah Ibtidaiyah Darul Fikri Ponorog. Sedangkan secara simultan variabel marketing mix berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan wali santri dalam menyekolahkan anaknya di MI Darul Fikri yang dibuktikan dengan nilai Fhitung lebih besar F tabel (2,924 > 2,58).

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Marketing Mix, Pendidikan, Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 07 Jan 2021 04:41
Last Modified: 07 Jan 2021 04:41
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5685

Actions (login required)

View Item View Item