UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN AUTHENTIC ASSESSMENT PADA SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 1 BADEGAN TAHUN AJARAN 2013/2014

WINDI SAHARA, RIA (2014) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN AUTHENTIC ASSESSMENT PADA SISWA KELAS VIIA SMP NEGERI 1 BADEGAN TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (448kB) | Preview
[img] Text
BAB I.docx

Download (27kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (744kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Authentic Assessment, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Untuk mewujudkan suatu tujuan pembelajaran yang maksimal guru hendaknya mampu memberikan pembelajaran yang kreatif, inovatif serta dapat melibatkan siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Penelitian ini dilaksanakan karena motivasi siswa dan hasil belajar matematika siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Badegan masih rendah. Hal tersebut dikarenakan kegiatan pembelajaran yang masih berpusat pada guru sehingga siswa merasa bosan dengan pembelajaran yang berlangsung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana motivasi belajar dan hasil belajar matematika siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Badegan dengan diterapkannya model Problem Based Learning menggunakan Authentic Assessment ? (2) Bagaimana model Problem Based Learning menggunakan Authentic Assessment dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Badegan ? Pada penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pelaksanaan dalam setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sebagai subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Badegan tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 25 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Pengumpulan data motivasi siswa diperoleh dari angket motivasi siswa yang disebarkan pada saat sebelum model digunakan, setelah siklus I selesai dan setelah siklus II usai, data tentang kegiatan guru dan siswa diperoleh dari Lembar Observasi. Hasil belajar siswa diperoleh dari penilaian setiap kegiatan pembelajaran berlangsung dan hasil tes yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata motivasi siswa pada saat pra tindakan sebesar 63,82%, dengan persentase ketuntasan 64% dan yang tidak tidak tuntas dengan persentase 36%. Pada saat siklus I usai, rata-rata motivasi siswa 65,6% dengan persentase ketuntasan 76% dan yang tidak tuntas dengan persentase 24%. Pada siklus II usai rata-rata motivasi siswa 74,31% dengan persentase ketuntasan 84% dan yang tidak tuntas dengan persentase 16%. Adanya peningkatan hasil belajar dilihat dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Adapun hasil ketiga aspek tersebut pada siklus I diperoleh persentase penilaian aspek kognitif adalah 56,03%, aspek afektif adalah 52,7%, aspek psikomotorik 53,8% dan aspek kinerja 59,2%. Hasil ketiga aspek tersebut pada siklus II diperoleh persentase penilaian aspek kognitif adalah 77,65%, aspek afektif adalah 82,12%, aspek psikomotorik 84,8% dan aspek kinerja 81,6%. Selain itu juga bisa dilihatt dari hasil tes akhir siklus I memperoleh rata-rata 70,16 dengan persentase ketuntasan 52%. Tes akhir siklus II memperoleh rata-rata 77,2 dengan persentase ketuntasan 76%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 25 Nov 2014 03:54
Last Modified: 25 Nov 2014 03:54
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/596

Actions (login required)

View Item View Item