ANALISIS SOAL DALAM BUKU TEKS MATEMATIKA KURIKULUM 2013 KELAS IX BERDASARKAN FRAMEWORK PISA

Dwi Lestari, Ratna (2020) ANALISIS SOAL DALAM BUKU TEKS MATEMATIKA KURIKULUM 2013 KELAS IX BERDASARKAN FRAMEWORK PISA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (477kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (756kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (545kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (379kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

RATNA DWI LESTARI: Analisis Soal Dalam Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Kelas Ix Berdasarkan Framework PISA. Skripsi, Ponorogo: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan proporsi soal standar PISA dan Non-PISA pada Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Kelas IX, (2) Mendeskripsikan proporsi Level soal standar PISA pada Buku Teks Matematika Kurikulum 2013 Kelas IX. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan pendekatan studi dokumentasi. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan dokumentasi, karena pada penelitian ini bertujuan untuk menganalisis soal-soal uji kompetensi pada buku Matematika SMP/MTs Kelas IX Kurikulum 2013 cetakan ke-2 edisi revisi 2018 berdasarkan framework PISA berupa komponen konten, konteks, proses dan level. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi atau teknik analisis dokumen. Instrumen pada penelitian ini adalah instrumen yang berisi indikator sisi domain literasi matematika dengan kategorinya adalah konten, konteks, proses dan level soal yang ada pada literasi matematika yang digunakan untuk menganalisis soal dalam buku teks Matematika SMP/MTs Kelas IX Kurikulum 2013 cetakan ke-2 edisi revisi 2018 berdasarkan framework PISA. Hasil dari penelitian ini didapat bahwa jumlah soal framework PISA yang terdapat pada uji kompetensi sebanyak 31 soal atau 26.96% yang tersebar pada seluruh bab yang ada pada buku teks matematika. Kemudian, untuk soal-soal dalam uji kompetensi buku teks Matematika Kelas IX yang tidak terkategori framework PISA atau Non-PISA berjumlah 84 soal atau 73.04%. Dari 31 soal PISA, jenis konten matematika yang paling menonjol adalah ruang dan bentuk, kategori konteks yang paling menonjol adalah konteks ilmiah, dan untuk kategori proses menerapkan lebih menonjol atau paling banyak dipergunakan daripada kategori lainnya. Ditinjau dari level soal PISA pada buku teks Matematika Kurikulum 2013 Kelas IX, hanya sampai pada level 5 saja dan untuk kategori level 2 dan level 6 tidak ditemukan. Sebaran level soalnya adalah 29.03% untuk level 1, 38.71% untuk level 3, 25.81% untuk level 4, dan 6.45% untuk level 5. Hal tersebut menunjukkan bahwa selain belum semua level soal ada dalamnya, soal-soal Non-PISA lebih banyak dibandingkan soal framework PISA dan soal level rendah lebih menonjol dibandingkan soal level tinggi

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Buku Teks Kurikulum 2013, Framework PISA, Literasi Matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 04 Feb 2021 03:42
Last Modified: 04 Feb 2021 03:42
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5974

Actions (login required)

View Item View Item