Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Kepribadian Siswa Kelas VI” di Madarasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Bandar 1 Dusun Tratas, Desa Bandar, Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan Kelas VI

Alprianto, David (2020) Dampak Penggunaan Smartphone Terhadap Kepribadian Siswa Kelas VI” di Madarasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Bandar 1 Dusun Tratas, Desa Bandar, Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan Kelas VI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

DAVID ALPRIANTO. Perangkat teknologi ini dibuat begitu mudah untuk para penggunanya, menikmati fitur-fitur aplikasi yang berkaitan dengan sosial media. Kebutuhan Smartphone saat ini sangatlah banyak dan beragam. Mulai dari anak-anak hingga orang tua kini mampu mengoperasikan smartphone dengan mudah. Mulai dari smartphone yang biasa sampai smartphone tercanggih. Smartphone yang digunakan oleh anak-anak akan berdampak terhadap perkembangan anak itu sendiri apabila tidak diawasi baik oleh orang tua. Apalagi pada zaman sekarang smartphone dilengkapi dengan berbagai fitur canggih sehingga memudahkan orang untuk mengakses berbagai keperluan. Pentingnya perkembangan sosial dimasa kanak-kanak adalah masa pembentukan kepribadian yang menjadi penentu sebuah pribadi seperti apa setelah dewasa nanti. Masa perkembangan awal seorang anak dapat berupa hubungan dengan keluarga atau orang-orang dilingkungan sekitar rumahnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, teknik pengumpulan data melalui wawancara (interview), observasi, dan dokumentasi. Data yang didapat kemudian diuji keabsahan data melalui metode keikutsertan peneliti, ketelitian pengamatan dan dianalisis melalui analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan yaitu reduksi, paparan data, verifikasi atau kesimpulan. Dari hasil penelitian ini diteuan bahwa Anak usia sekolah dasar adalah anak yang berusia 7-14 tahun yang masih bersekolah di sekolah dasar dari kelas 1 sampai kelas 6. Tahapan perkembangan anak usia sekolah dasar memiliki berbagai aspek perkembangan yang meliputi perkembangan kognitif, moral dan, pekembangan psikososial. Akibat penggunaan smartphone pada akhirnya dapat menyebabkan seorang anak menjadi anti sosial lemah dalam komunikasi dengan teman-temanya. Kepribadian itu digambarkan dengan sikap acuh tak acuh pada orang sekitarnya. Kepribadian (personality) menunjukan suatu organisasi (susunan) dan sifat-sifat serta aspek-aspek tingkah laku sosial yang saling berhubungan

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Dampak, Kepribadian, Smartphone
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 05 Feb 2021 01:52
Last Modified: 05 Feb 2021 01:52
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5987

Actions (login required)

View Item View Item