ANIS , NURHAYATI (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PENGUKURAN LUAS BANGUN DATAR MELALUI METODE MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SDN I PAGERUKIR KEC.SAMPUNG KABUPATEN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Artikel thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Belajar Matematika Pada Materi Pengukuran Luas Bangun Datar Melalui Metode Make A Match Pada Siswa Kelas V Sdn I Pagerukir Kec.Sampung Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2013 2014..pdf Download (510kB) | Preview |
|
Text
BAB I-V.pdf - Other Restricted to Repository staff only Download (620kB) |
Abstract
Nurhayati, Anis. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Dan Keaktifan Belajar Matematika Pada Materi Pengukuran Luas Bangun Datar Melalui Metode Make A Match Pada Siswa Kelas V Sdn I Pagerukir Kec.Sampung Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: Hadi Wiyono,M.Pd Kata Kunci : Hasil Belajar, Keaktifan Belajar, Metode Make A Match Pemahaman materi pengukuran luas bangun datar sangat diperlukan untuk tingkat dasar, sebab pengukuran luas bangun datar merupakan dasar untuk dapat memahami materi pengukuran volume bangun ruang dan segala permasalahannya. Untuk itu diperlukan metode yang sesuai agar dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar pada materi pengukuran luas bangun datar. Penelitian ini menggunakan metode make a match, sebab metode make a match adalah metode yang memberikan kesempatan siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran, siswa dapat menyelesaikan suatu permasalahan dengan kerjasama yang baik, siswa dapat melakukan proses pemahaman konsep sesuai dengan permasalahan yang dihadapi sehingga tidak hanya sekedar menghafal. Subyek yang digunakan adalah seluruh siswa kelas V SDN 1 Pagerukir tahun pelajaran 2013/2014 dengan banyak 20 siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Pagerukir. 2) Untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas V SDN 1 Pagerukir. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua instrument penelitian yaitu observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode make a match dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi menentukan luas bangun datar. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya persentase keaktifan siswa selama pembelajaran berlangsung dari siklus I ke siklus II sebanyak 15%. Selain itu hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebanyak 10,5.
Item Type: | Thesis (Artikel) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 26 Mar 2014 03:10 |
Last Modified: | 27 Mar 2014 04:21 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/60 |
Actions (login required)
View Item |