Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Disposisi Matematis Siswa Kelas VIIIA SMP N 2 Pulung

Mujahidah, Lathifah and SUHENDAR, UKI (2018) Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Disposisi Matematis Siswa Kelas VIIIA SMP N 2 Pulung. Edumatica, 8 (2). pp. 55-67. ISSN Print ISSN: 2088-2157, Online ISSN: 2580-0779

[img] Text
4. artikel jadi latifah edumatica OKTOBER 2018.pdf

Download (712kB)
[img] Text
4. peer review penerapan pendekatan contextual.pdf

Download (774kB)
[img] Text
4. plagiasi Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Disposisi Matematis Siswa Kelas VIIIA SMP N 2 Pulung.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://online-journal-unja.ac.id/edumatica

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dapat meningkatkan disposisi matematis siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 2 Pulung, dan peningkatan disposisi matematis siswa kelas VIIIA di SMP Negeri 2 Pulung setelah diterapkannya pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam pembelajaran.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif.Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif terhadap data yang diperoleh.Indikator keberhasilan dalam penelitian ini minimal 80% dari keseluruhan siswa kelas VIIIA SMP N 2 Pulung berada pada kriteria disposisi matematis tinggi.Sedangkan untuk keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa berada pada kriteria baik.Penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dapat meningkatkan disposisi matematis siswa yaitu mengembangkan pemikiran, memberikan kesempatan bertanya, pemberian scaffolding, belajar dalam kelompok, presentasi, menghadirkan ilustrasi, dan refleksi pembelajaran. Hasil angket disposisi matematis sebelum tindakan menunjukkan jumlah siswa yang memiliki disposisi matematis tinggi adalah 18%. Setelah diterapkan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) siklus I, persentase meningkat menjadi 54%.Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II persentase jumlah siswa yang memiliki disposisi matematis tinggi 89%.Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa pada setiap siklus berada pada kriteria baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Disposisi matematis, Contextual Teaching and Learning (CTL)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 25 Mar 2021 02:15
Last Modified: 25 Mar 2021 02:15
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6316

Actions (login required)

View Item View Item