UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA PERPUSTAKAAN HURUF ABJAD PADA KELOMPOK A RA AS SYAFI’IYAH PONOROGO

Nurmawati, Anugrah Dewi, Rahmawati, Ida Yeni and Wulansari, Betty Yulia (2020) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA PERPUSTAKAAN HURUF ABJAD PADA KELOMPOK A RA AS SYAFI’IYAH PONOROGO. Jurnal EDUPEDIA Jurmas : Jurnal Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 4 (1). pp. 1-11. ISSN ISSN 2614-1434 (Print) ISSN 2614-4409 (Online)

[img] Text
11. JURNAL EDUPEDIA UPAYA PENINGKATAN.pdf

Download (108kB)
[img] Text
11.HASIL PLAGIASI UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN MEMBACA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
PR GAB 11.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/edupedi...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan dan menjelaskan proses peningkatan keterampilan membaca permulaan anak melalui media perpustakaan huruf abjad, (2) mendeskripsikan dan menjelaskan hasil peningkatan keterampilan membaca permulaan yang dicapai anak melalui media perpustakaan huruf. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bersifat kolaboratif. Subjek penelitian adalah 27 anak kelompok A. Objek penelitian adalah keterampilan membaca permulaan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskripsi kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian keterampilan membaca permulaan melalui media perpustakaan huruf meliputi langkah-langkah dalam proses pembelajaran melalui media perpustakaan huruf abjad adalah: 1) Kelas dibentuk dengan format “U”. 2) Memperlihatkan alat peraga pembelajaran berupa perpustakaan huruf. 3) Menjelaskan cara penggunaan sekaligus memperagakan. 4) Setelah paham, anak secara bergantian memperagakan. 5) Setelah memperagakan dengan benar anak diminta mengucapkan huruf yang tertera pada media perpustakaan huruf. 6) Guru memberikan pujian kepada anak yang mampu berbicara (mengucapkan huruf) dengan bantuan media perpustakaan huruf. 7) Guru memberikan motivasi kepada anak yang masih belum mampu berbicara (mengucapkan huruf) dengan media perpustakaan huruf. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan membaca permulaan anak kelompok A RA As Syafi’iyah Ponorogo telah meningkat sesuai krieria keberhasilan yang ditentukan. Hasil yang diperoleh pada kegiatan pra tindakan sebesar 7,4% meningkat pada siklus I menjadi 14,8%, dan meningkat pasa siklus II menjadi 81,4%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Reading Skills, Alphabet Letter Library, Early Childhood
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 31 Mar 2021 17:13
Last Modified: 31 Mar 2021 17:13
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6403

Actions (login required)

View Item View Item