Azizah Ulfa, Nurul (2021) lisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Film Omar & Hana Karya Astro Malaysia. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (557kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (630kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (356kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (729kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (39kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4kB) |
Abstract
Nurul Azizah Ulfa, 2019. Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Film Omar & Hana Karya Astro Malaysia, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, pembimbing (I) Drs. Rido Kurnianto, M. Ag., (II) Ayok Ariyanto M.Pd.I Kata kunci : Nilai, Pendidikan Islam, dan Film. Tanggung jawab pendidikan Islam merupakan tanggung jawab semua elemen masyarakat termasuk media massa yang harus memberikan tontonan yang menghibur dan mendidik terutama untuk anak-anak. Fenomena ini mendorong masyarakat muslim untuk memproduksi sebuah tontonan yang berisi nilai-nilai pendidikan Islam salah satunya yakni film Omar & Hana. Film ini mendapat viewer film anak yang ditonton di youtobe 2018. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti lebih dalam tentang film ini dengan judul Nilai-nilai Pendidikan Islam dalam film Omar & Hana karya Astro Malaysia dengan rumusan masalah sebagai berikut: Bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam dalam film Omar & Hana karya Astro Malaysia? Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan Islam dalam film Omar & Hana karya Astro Malaysia, dengan mengambil sempel episode Mulakan dengan Bismillah, Misi Puasa, dan Jom Berkelah. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian library research, dimana peneliti menggunakan sumber primer berupa video dengan teknik pengumpulan data dengan cara dokumentasi. Sumber kedua adalah sumber sekunder berupa litelatur-litelatur yang relevan sebagai pembanding untuk kemudian dianalisis dengan metode deskriptif dan teknik analisis isi (conten analysis) dengan pendekatan pragmatis. Hasil penelitiannya, nilai-nilai pendidikan Islam yang terdapat di dalam film ini, diantaranya; 1) Pendidikan Akidah; mengucap Bismillah sebelum beraktifitas, sikap tenang dalam menghadapi ujian, mengucapkan Alhamdulillah setelah beraktifitas, 2) Pendidikan Akhlak; sabar atas segala takdir Allah dan bersyukur atas nikmat Allah, berterima kasih kepada orang yang telah membantu kita, membantu orang tua sebagai bentuk birrul walidaini, berani mengakui kesalahan dan meminta maaf saat mengecewakan orang lain. 3) Pendidikan Ibadah ; puasa, shalat berjama’ah, dan mengucapkan salam ketika masuk rumah. Cara penyajian nilai pendidikan Islam dalam film ini dibagi menjadi dua unsur. Unsur internal melalui lagu, dialog dan nasehat, percontohan sikap, ajakan, dan targib (membuat senang). Unsur eksternal melalui penokohan, berdurasi pendek dan bahasa sederhana, setting lokasi yang familier di mata anak-anak, dan efek audio-visual yang menarik. Adapun kritik penulis berusaha menilai film ini secara berimbang baik kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya, film ini memiliki muatan pendidikan Islam yang cukup baik, disampaikan dengan cara yang sesuai dengan usia anak-anak, jauh dari adegan negatif, dan film ini menjadi film anak-anak bergenre Islami terbanyak viewer-nya di youtobe Indonesia pada tahun 2018. Kekurangannya, tokoh anak perempuan baik tokoh utama maupun tokoh pendamping jarang terlihat menggunakan hijab. Sosok Mama dalam film ini sering menggunakan pakaian yang masih membentuk lekak lekuk tubuh. Pada episode Misi Puasa, Papa tidak melakukan sholat jama’ah di masjid. Masih menggunakan saru bahasa. Yang terakhir beberapa laman yang digunakan sebagai Omar dan Hana Official seperti Web, youtobe, facebook, dan instagram tidak memberikan data lengkap mengenai film ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai, Pendidikan Islam, dan Film |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 30 Apr 2021 03:03 |
Last Modified: | 30 Apr 2021 03:03 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6470 |
Actions (login required)
View Item |