PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021 DI MADRASAH IBTIDAIYAH TERPADU AL-MADINAH BALONG PONOROGO

Ayuningsih, Septiana (2021) PENGARUH SELF EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK TAHUN PELAJARAN 2020/2021 DI MADRASAH IBTIDAIYAH TERPADU AL-MADINAH BALONG PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (252kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (885kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (495kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (522kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Self Efficacy adalah keyakinan yang dimiliki seseorang untuk melakukan tugasnya dengan baik. Tugas utama seorang siswa adalah belajar. Siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar di suatu sekolah. Selanjutnya, siswa akan memperoleh hasil belajar. Hasil belajar adalah keseluruhan kemapuan yang didapat setelah melakukan proses pembelajaran di sekolah dan dinyatakan dalam bentuk angka atau nilai tes. MIT Al-Madinah Balong Ponorogo adalah madrasah yang berkembang sejak tahun 2012. Proses pembelajaran aqidah akhlak di MIT Al-Madinah memiliki tujuan untuk menciptakan generasi yang cerdas, kreatif, mandiri dan berakhlakul karimah dan berwawasan IPTEK. Siswa yang berada di tingkat Madrasah Ibtidaiyah dalam hal belajar masih cenderung harus mendapatkan bimbingan. Apalagi akibat dari pandemik COVID-19 ini keyakinan siswa dalam belajar mengalami banyak sekali penurunan. Hal tersebut karena penyampaian materi dari guru kurang bisa dipahami dan siswa diharuskan belajar mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan self efficacy terhadap hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas IV di MIT Al-Madinah Balong Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex post facto dan survey. Teknik pengambilan sampel dengan random sampling diperoleh 55 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana. Analisis data dilakukan dengan menggunakan program statistic SPSS versi 17.0.Berdasarkan hasil penelitian dengan berbagai analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulakan bahwa tidak ada pengaruh signifikan self efficacy terhadap hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas IV tahun pelajaran 2020/2021 di MIT Al-Madinah Balong Ponorogo. Pengaruh signifikan self efficacy terhadap hasil belajar aqidah akhlak siswa kelas IV tahun pelajaran 2020/2021 di MIT Al-Madinah Balong Ponorogo sebesar 0,1%.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Self Efficacy, Hasil Belajar Aqidah Akhlak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 23 Aug 2021 09:05
Last Modified: 02 Nov 2021 01:31
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/6952

Actions (login required)

View Item View Item