UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN NILAI NILAI KARAKTER DISIPLIN DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO

Nurlaila Na'im, Hayin (2021) UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN NILAI NILAI KARAKTER DISIPLIN DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO. UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN NILAI NILAI KARAKTER DISIPLIN DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO. (Unpublished)

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIYAH)
SURAT UNGGAH KARYA.pdf

Download (389kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN PDF.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (892kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text (DAFTAR RUJUKAN)
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (122kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN LAMPIRANN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Zaman sekarang ini adalah zaman modern, kehidupan kita dihadapkan dengan masalah moral dan akhlak yang cukup serius. Pelajar sebagai generasi bangsa tentunya sangat berharga untuk membentuk generasi penerus bangsa yang umggul dan berkualitas diperlukan pendidikan yang memadai. Disiplin merupakan hal yang sangat penting agar sekolah menjadi sebuah lembaga pembentukan diri untuk mencapai kesuksesan. Menipisnya kesadaran bahkan hilangnya untuk bersikap disiplin pada siswa yang menjadi penghambatnya kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu diperlukannya penanaman karakter yang baik untuk mewujudkan pembelajaran yang optimal untuk mengendalikan perilaku siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara krisis tentang pelaksanaan penanaman karakter disiplin siswa dan hasil dari penanaman karakter disiplin tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk mengetahui pelaksanaan penanaman karakter disiplin di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data dimulai dari penyajian data, verifikasi dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman karakter disiplin dilakukan dengan beberapa kaidah yang dilakukan oleh guru. Antara lain, konsisten melaksanakan peraturan, menghadiahkan pujian, memberikan hukuman, bersikap luwes, bersikap tegas, melibatkan siswa dalam penanaman karakter disiplin. Faktor yang menjadi pendukung dalam penanaman karakter disiplin ini adalah adanya tim pengendali ketertiban, kerjasama antar karyawan dan kesadaran siswa. Adapun fakor penghambatnya yaitu adanya pendidik yang tidak tertib dan kurangnya istiqomah dalam mengontrol perilaku peserta didik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: UPAYA GURU, PENDIDIKAN KARAKTER, DISIPLIN
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH426 Genetics
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 06 Sep 2021 03:23
Last Modified: 01 Nov 2021 03:11
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7298

Actions (login required)

View Item View Item