Nurlaila Na'im, Hayin (2021) UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN NILAI NILAI KARAKTER DISIPLIN DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO. UPAYA GURU DALAM MENANAMKAN NILAI NILAI KARAKTER DISIPLIN DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO. (Unpublished)
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIYAH)
SURAT UNGGAH KARYA.pdf Download (389kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN PDF.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (892kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (928kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
|
Text (DAFTAR RUJUKAN)
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (122kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN LAMPIRANN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Zaman sekarang ini adalah zaman modern, kehidupan kita dihadapkan dengan masalah moral dan akhlak yang cukup serius. Pelajar sebagai generasi bangsa tentunya sangat berharga untuk membentuk generasi penerus bangsa yang umggul dan berkualitas diperlukan pendidikan yang memadai. Disiplin merupakan hal yang sangat penting agar sekolah menjadi sebuah lembaga pembentukan diri untuk mencapai kesuksesan. Menipisnya kesadaran bahkan hilangnya untuk bersikap disiplin pada siswa yang menjadi penghambatnya kegiatan pembelajaran. Oleh karena itu diperlukannya penanaman karakter yang baik untuk mewujudkan pembelajaran yang optimal untuk mengendalikan perilaku siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara krisis tentang pelaksanaan penanaman karakter disiplin siswa dan hasil dari penanaman karakter disiplin tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan untuk mengetahui pelaksanaan penanaman karakter disiplin di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Proses analisis data dimulai dari penyajian data, verifikasi dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penanaman karakter disiplin dilakukan dengan beberapa kaidah yang dilakukan oleh guru. Antara lain, konsisten melaksanakan peraturan, menghadiahkan pujian, memberikan hukuman, bersikap luwes, bersikap tegas, melibatkan siswa dalam penanaman karakter disiplin. Faktor yang menjadi pendukung dalam penanaman karakter disiplin ini adalah adanya tim pengendali ketertiban, kerjasama antar karyawan dan kesadaran siswa. Adapun fakor penghambatnya yaitu adanya pendidik yang tidak tertib dan kurangnya istiqomah dalam mengontrol perilaku peserta didik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | UPAYA GURU, PENDIDIKAN KARAKTER, DISIPLIN |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH426 Genetics |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 06 Sep 2021 03:23 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 03:11 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7298 |
Actions (login required)
View Item |