Brillianto Prakoso, Oni (2021) IMPLEMENTASI ALGORITMA NAIVE BAYES UNTUK PREDIKSI TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN DI DUMBO JAYA BERBASIS WEB. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
surat persetujuan unggah karya ilmiah.pdf Download (547kB) |
|
Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (105kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Download (122kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (359kB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (872kB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (115kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (218kB) |
Abstract
IMPLEMENTASI ALGORITMA NAIVE BAYES UNTUK PREDIKSI TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN DI DUMBO JAYA BERBASIS WEB Oni Brillianto Prakoso Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Ponorogo Email : oni.brilliant@gmail.com Abstrak Kepuasan pelanggan memang sangat penting dalam bidang penjualan karena pelanggan mencari tempat yang sesuai ekspektasi mereka dengan melakukan penilaian dari pelayanan, harga, fasilitas, serta dengan pemberian garansi. Dumbo Jaya Ponorogo adalah toko yang menyediakan berbagai macam kebutuhan ponsel mulai dari aksesoris, handfree, dan aksesoris laptop dengan harga yang bersaing dengan toko-toko lainnya. Berlokasi di timur alun – alun Ponorogo. Di web Dumbo jaya sudah ada tempat untuk menilai melainkan hanya tentang kepuasan pelanggan, di sini penulis membuat penilaian berdasarkan empat kategori yaitu pelayanan, fasilitas, harga, dan garansi. Metode pengumpulan data yang dilakukan penulis untuk mendapatkan data yang valid adalah studi literatur dan metode kuesioner. Adapun data yang masuk sebanyak 50 responden. Pada tahap pengolahan ini data dari excel kemudian melalui proses pembersihan data atribut yang digunakan untuk memprediksi kepuasan dan menghilangkan data yang tidak pasti. Sehingga untuk proses pengolahan data, atribut data harus bersih lalu diperoleh dataset yang siap diolah. Salah satu metode yang bisa digunakan adalah metode Naïve Bayes. Naïve Bayes adalah metode yang mempunyai nilai akurasi yang tinggi dengan model perhitungan yang tepat pada data yang banyak. Berdasarkan data hasil kuesioner yang diolah mengunakan metode naïve bayes untuk mempredikasi kepuasan pelanggan di Dumbo Jaya Ponorogo didapatkan tingkat akurasi sebesar 77,5%. Kata Kunci : Kepuasan Pelanggan, Naïve bayes, Prediksi
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepuasan Pelanggan, Naïve bayes, Prediksi |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering |
Depositing User: | ft . userft |
Date Deposited: | 31 Aug 2021 22:41 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 05:00 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7415 |
Actions (login required)
View Item |