IMPLEMENTASI ALGORITMA NAIVE BAYES UNTUK PREDIKSI TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN DI DUMBO JAYA BERBASIS WEB



Brillianto Prakoso, Oni (2021) IMPLEMENTASI ALGORITMA NAIVE BAYES UNTUK PREDIKSI TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN DI DUMBO JAYA BERBASIS WEB. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[thumbnail of Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
surat persetujuan unggah karya ilmiah.pdf

Download (547kB)
[thumbnail of Halaman Depan] Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (105kB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (872kB)
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (218kB)

Abstract

IMPLEMENTASI ALGORITMA NAIVE BAYES UNTUK PREDIKSI TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN DI DUMBO JAYA BERBASIS WEB

Oni Brillianto Prakoso
Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Muhammadiyah Ponorogo
Email : oni.brilliant@gmail.com

Abstrak
Kepuasan pelanggan memang sangat penting dalam bidang penjualan karena pelanggan mencari tempat yang sesuai ekspektasi mereka dengan melakukan penilaian dari pelayanan, harga, fasilitas, serta dengan pemberian garansi. Dumbo Jaya Ponorogo adalah toko yang menyediakan berbagai macam kebutuhan ponsel mulai dari aksesoris, handfree, dan aksesoris laptop dengan harga yang bersaing dengan toko-toko lainnya. Berlokasi di timur alun – alun Ponorogo. Di web Dumbo jaya sudah ada tempat untuk menilai melainkan hanya tentang kepuasan pelanggan, di sini penulis membuat penilaian berdasarkan empat kategori yaitu pelayanan, fasilitas, harga, dan garansi. Metode pengumpulan data yang dilakukan penulis untuk mendapatkan data yang valid adalah studi literatur dan metode kuesioner. Adapun data yang masuk sebanyak 50 responden. Pada tahap pengolahan ini data dari excel kemudian melalui proses pembersihan data atribut yang digunakan untuk memprediksi kepuasan dan menghilangkan data yang tidak pasti. Sehingga untuk proses pengolahan data, atribut data harus bersih lalu diperoleh dataset yang siap diolah. Salah satu metode yang bisa digunakan adalah metode Naïve Bayes. Naïve Bayes adalah metode yang mempunyai nilai akurasi yang tinggi dengan model perhitungan yang tepat pada data yang banyak. Berdasarkan data hasil kuesioner yang diolah mengunakan metode naïve bayes untuk mempredikasi kepuasan pelanggan di Dumbo Jaya Ponorogo didapatkan tingkat akurasi sebesar 77,5%.

Kata Kunci : Kepuasan Pelanggan, Naïve bayes, Prediksi

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pelanggan, Naïve bayes, Prediksi
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Faculty of Engineering
Depositing User: ft . userft
Date Deposited: 31 Aug 2021 22:41
Last Modified: 27 Oct 2021 05:00
URI: https://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7415

Actions (login required)

View Item View Item