PENGEMBANGAN SOAL TIPE TIMSS UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP KELAS VIII

Ratna Sari, Melisa (2021) PENGEMBANGAN SOAL TIPE TIMSS UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA SMP KELAS VIII. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
SURAT PERSETUJUAAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (471kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (392kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf

Download (773kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf

Download (748kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (390kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (19MB)

Abstract

MELISA RATNA SARI: Pengembangan Soal Tipe TIMSS untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2021. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan soal tipe TIMSS yang valid dan efektif untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII. Soal tipe TIMSS yang dihasilkan diharapkan dapat mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif. Soal yang dihasilkan juga diharapkan dapat membuat siswa terbiasa dengan soal-soal tipe TIMSS. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Pada tahap analisis dilakukan analisis kurikulum matematika SMP kelas VIII dan analisis soal tipe TIMSS. Pada tahap perancangan ini hal yang dilakukan yaitu menyusun kisi-kisi dan menyusun instrumen ahli. Selanjutnya, pada tahap pengembangan dilakukan penyusunan soal tipe TIMSS dan kemudian dilakukan validasi oleh validator ahli. Setelah soal dinyatakan valid, pada tahap implementasi dilakukan uji coba soal secara terbatas kepada 10 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bungkal. Pada tahap evaluasi, hasil pekerjaan siswa dinilai untuk mengetahui keefektifan soal. Hasil penelitian soal tipe TIMSS untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif yang telah dikembangkan dinyatakan “sangat valid” setelah divalidasi oleh dua validator ahli dan memenuhi kriteria “efektif” setelah diujicobakan kepada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan soal, TIMSS, Kemampuan berpikir kreatif
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 01 Sep 2021 23:02
Last Modified: 28 Oct 2021 06:16
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7521

Actions (login required)

View Item View Item