PENGARUH SIFAT MACHIAVELLIAN PEMBELAJARAN ETIKA, LINGKUNGAN AKADEMIK TERHADAP SIKAP ETIS MAHASISWA S1 AKUNTANSI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO

Bebdi Kurnia Fatah, Dhohir (2021) PENGARUH SIFAT MACHIAVELLIAN PEMBELAJARAN ETIKA, LINGKUNGAN AKADEMIK TERHADAP SIKAP ETIS MAHASISWA S1 AKUNTANSI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat persetujuan unggah karya ilmiah)
surat pesetujuan unggah karya ilmia.pdf

Download (495kB)
[img] Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (808kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (322kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (421kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (663kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (337kB)
[img] Text (LAMPIRAN-LAMPIRAN)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh karakteristik individu mahasiswa berupa sifat Machiavellian, Pembelajaran Etika, dan Lingkungan Akademik terhadap Sikap Etis Mahasiswa. Variabel independen dalam penelitian ini adalah sifat Machiavellian, Pembelajaran Etika, dan Lingkungan Akademik, sedangkan untuk variabel dependen adalah Sikap Etis Mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menekankan pada pengujian teori melalui pengukuran variabel penelitian dengan angka. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan kuesioner. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 200 responden. Uji prasyarat analisis meliputi uji validitas, uji realibilitas, uji koefisien determinasi, uji t (parsial), dan uji f (simultan). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sifat Machiavellian secara parsial berpengaruh Negatif dan tidak signifikan terhadap sikap etis mahasiswa, artinya Semakin tinggi Sifat Machiavellian maka semakin berpengaruh negatif terhadap Sikap Etis pada mahasiswa S1 akuntansi. Pembelajaran etika secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap etis mahasiswa, Artinya semakin tinggi Pembelajaran Etika, maka Mahasiswa S1 Akuntansi dengan mudah dapat menilai tindakan-tindakan yang tidak etis. Lingkungan Akadaemik secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap etis mahasiswa, Artinya semakin tinggi lingkungan akademik, maka mahasiswa akuntansi akan memiliki kecenderungan untuk melakukan tindakan yang etis. Sedangkan secara simultan Sifat Machiavellian, Pembelajaran Etika dan Lingkungan Akademik berpengaruh terhadap Sikap Etis pada mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Kata kunci : sifat Machiavellian, lingkungan akademik, pembelajaran etika, sikap etis

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : sifat Machiavellian, lingkungan akademik, pembelajaran etika, sikap etis
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: fe . userfe
Date Deposited: 06 Sep 2021 02:18
Last Modified: 01 Nov 2021 04:41
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7690

Actions (login required)

View Item View Item