PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING ANAK USIA DINI DI RA AISYIYAH KARANGAN BALONG

Puspitasari, Listiani (2021) PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING ANAK USIA DINI DI RA AISYIYAH KARANGAN BALONG. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

This is the latest version of this item.

[img] Text (SURAT KEPUTUSAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
SURAT KEPUTUSAN UNGGAH KARYA ILMIAH.pdf

Download (307kB)
[img] Text
0_HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
1_BAB I.pdf

Download (176kB)
[img] Text (BAB II)
2_BAB II.pdf

Download (221kB)
[img] Text (BAB III)
3_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (275kB)
[img] Text (BAB IV)
4_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[img] Text (BAB V)
5_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
6_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
7_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru dalam pembelajaran daring anak usia dini di RA ‘Aisyiyah Karangan. Subjek penelitian ini adalah guru dan orang tua di RA Aisyiyah Karangan Balong yang berjumlah 2 guru dan 2 orang tua. Metode Penelitian ini kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru di RA Aisyiyah Karangan Balong terlaksana dengan baik yaitu :1) Peran guru sebagai pemimpin pembelajaran daring. Yaitu guru RA Aisyiyah Karangan dalam pembelajaran daring yaitu guru merencanakan dan menjalankan pembelajaran daring untuk anak usia dini melalui grup WA.2) Peran guru sebagai fasilitator dalam pembelajaran daring yaitu guru RA Aisyiyah Karangan dengan memberikan kemudahan kepada orang tua dan peserta didik dalam hal kelonggaran waktu dalam menyelesaikan tugas dan melakukan kegiatan home visit.3) Peran guru sebagai moderator dalam pembelajaran daring, yaitu guru RA Aisyiyah Karangan sebagai moderator yaitu mengatur pembelajaran daring melalui grup wa, berinteraksi dengan orang tua sekaligus peserta didik melalui grup WA, dan mengatur jalannya pembelajaran daring agar berjalan dengan yang di harapkan.4) Peran guru sebagai motivator dalam pembelajaran daring yaitu dalam pembelajaran daring guru RA Aisyiyah Karangan memberikan motivasi kepada peserta didik agar tetap semangat dalam pembelajaran daring melalui video call,voice note dan berkunjung ke rumah peserta didik ,agar mereka merasa senang mau mengikuti pembelajaran daring.5) Peran guru sebagai evaluator dalam pembelajaran daring guru RA Aisyiyah Karangan berperan memantau dan menilai peserta didik dalam pembelajaran daring. Dalam menjalankan perannya guru tetap memantau jalannya pembelajaran daring dan memberikan penilaian kepada peserta didik dari hasil tugas yang dikirim. Selama pembelajaran daring, sebagai guru harus kreatif dan inovatif agar 6 aspek perkembangan yaitu nilai agama moral,bahasa,kognitif,seni,social emosional,fisik motorik anak dapat berkembang dengan baik. Kata Kunci: Peran Guru, Pembelajaran Daring, Anak Usia Dini.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Pembelajaran Daring, Anak Usia Dini
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC5201 Education extension. Adult education. Continuing education
Divisions: Departement of Teacher Training and Education
Depositing User: fkip . userfkip
Date Deposited: 08 Sep 2021 05:28
Last Modified: 02 Nov 2021 04:29
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7793

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item