Hidayah, Nurul (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING MADRASAH DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS MATA PELAJARAN PAI DI MA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
1. Unggah Surat Keputusan unggah karya ilmiah.pdf Download (81kB) |
|
Text (Halaman Depan)
2. HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf Download (168kB) |
|
Text (BAB II)
4. BAB II.pdf Download (293kB) |
|
Text (BAB III)
5. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
|
Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) |
|
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (128kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (143kB) |
|
Text (Lampiran)
9. LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Nurul Hidayah, 2021. Pengaruh Pembelajaran E-learning Madrasah dalam Menanamkan Karakter Religius Mata Pelajaran PAI di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Pembimbing (I) Ahmad Muslich, M.Si, Pembimbing (II) Lilis Sumaryanti, M.Pd. Kata Kunci: Pengaruh, Pembelajaran E-learning Madrasah, Karakter Reigius. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memiliki pengaruh yang besar terhadap proses pembelajaran. Kebijakan pemerintah yang mengharuskan terjadinya perubahan proses pembelajaran selama pandemi COVID-19 dengan sistem pembelajaran daring. E-learning Madrasah merupakan salah satu insfrastruktur yang disediakan Kemenag RI untuk menunjang proses pembelajaran agar tetap berlangsung di masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh penggunaan media pembelajaran E-learning Madrasah dalam menanamkan karakter religius mata pelajaran PAI di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif digunakan untuk memahami antara pembelajaran E-learning Madrasah sebagai variabel independen dengan karakter religius sebagai variabel dependen. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Langkah selanjutnya melakukan analisis dengan cara; (1) studi literatur. (2) usability testing. (3) analisis data. (4) kesimpulan. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini berdasarkan perhitungan analisis yang dilakukan dalam uji regresi linier sederhana menunjukkan bahwa hasil uji diperoleh nilai 0,000 atau α < 0,05 maka tolak H0 sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran E-learning berpengaruh secara signifikan dalam menanamkan karakter religius mata pelajaran PAI di MA Muhammadiyah 1 Ponorogo dengan besar koefisien determinasi atau R Square 97,1% sedangkan 2,9% tidak berpengaruh. Sedangkan secara praktek pembelajaran E-learning Madrasah bisa dikatakan berpengaruh secara signifikan dalam menanamkan karakter religius mata pelajaran PAI karena peserta didik menjadi lebih aktif, baik aktif dalam bertanya, maupun mempresentasikan tugas yang telah diberikan. Selain materi pembelajaran dapat dibuat menjadi lebih menarik dengan video dan gambar serta bisa divisualisasikan dengan berbagai animasi dan tutorial.
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, Pembelajaran E-learning Madrasah, Karakter Reigius |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering |
Depositing User: | fai , userfai |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 01:46 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 04:12 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/7863 |
Actions (login required)
View Item |