MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI SDN KALIMALANG PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SEMESTER II TAHUN AJARAN 2013/2014

MAR’ATU HAMIDAH, SITI (2014) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DI SDN KALIMALANG PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SEMESTER II TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.HALAMAN DEPAN.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.BAB I.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text
4.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
5.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
6.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
7.BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
8.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Hasil Belajar, Kooperatif, Make a Match. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang masih kurang khususnya di kelas IV SD N Kalimalang. Hal tersebut berdasarkan observasi langsung yang dilakukan serta wawancara guru matematika dan diketahui pula bahwa nilai siswa masih di bawah KKM. Dari permasalahan tersebut peneliti tertarik melakukan penelitian dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match di SD N Kalimalang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus yang masing-masing siklusnya terdiri dari dua pertemuan dengan perincian pertemuan pertama untuk pemberlakuan tindakan dan observasi afektif, pada pertemuan kedua untuk pemberlakuan tindakan dan, observasi afektif dan tes. Instrumen yang digunakan adalah observasi aspek afektif siswa digunakan untuk mengamati seluruh kegiatan siswa mulai dari awal pelajaran hingga berakhirnya pelajaran. Sementara instrumen tes digunakan untuk mengetahui tingkat pengetahuan kognitif siswa. Penelitian ini ditujukan untuk siswa kelas IV SD N Kalimalang dengan jumlah siswa sebanyak 27 siswa. Hasil penelitian yang dilaksanakan menunjukkan bahwa observasi afektif siswa antar siklus yaitu siklus I sebesar 60,77% dan siklus II sebesar 74,46%. Sehingga antara siklus I ke siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan karena prosentase aspek afektif siswa mencapai ≥ 70%. Sementara untuk aspek kognitif dapat dilihat dari hasil tes tiap siklus yaitu rata-rata nilai tes siklus I tingkat ketuntasan belajar mencapai 66,92 dan siklus II rata-rata nilai tes mencapai 80. Sedangakan ketuntasan klasikal siklus I hanya mencapai 34,61% tetapi pada siklus ke II mencapai 80,77%. Peningkatan ini juga terjadi akibat siswa merasa senang dengan pembelajaran kooperatif tipe make a match, siswa terbiasa mengerjakan soal yang ada pada LKS dimana merupakan salah satu latihan dalam penggunaan cara untuk menyelesaikan pecahan, dari awal sampai akhir pembelajaran siswa berperan lebih aktif, siswa dapat kerjasama dengan baik antar kelompok yang dilihat dari kemampuan mereka dalam mengerjakan latihan dan juga kerja berpasangan sesama siswa yang mana mereka saling bergantung. Jadi secara klasikal pada siklus ke II indikator keberhasilan telah tercapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 12 Jan 2015 03:07
Last Modified: 12 Jan 2015 03:07
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/804

Actions (login required)

View Item View Item