IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK TA'AWUN ANTAR ANAK TUNANETRA DAN TUNAGRAHITA DI PANTI ASUHAN TUNANETRA TERPADU 'AISYIYAH PONOROGO

Tina Wati, Eli (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK TA'AWUN ANTAR ANAK TUNANETRA DAN TUNAGRAHITA DI PANTI ASUHAN TUNANETRA TERPADU 'AISYIYAH PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (surat unggah karya ilmiah)
surat unggah karya ilmiah.pdf

Download (219kB)
[img] Text (halaman depan)
halaman depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (408kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (438kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (130kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (660kB)

Abstract

ABSTRAK Eli Tina Wati. 2021. Implementasi Pendidikan Akhlak Ta’awun Antar Anak Tunanetra dan Tunagrahita di Panti Asuhan Tunanetra Terpadu ‘Aisyiyah Ponorogo. Skripsi. Program Strata satu (S-1). Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Dosen Pembimbing: (1) Dr. Nurul Iman, Lc.M.HI (2) Azid Syukroni, M.Pd.I Kata Kunci : Pendidikan Akhlak, Akhlak Ta’awun, Tunanetra, Tunagrahita Panti Asuhan Tunanetra Terpadu ‘Aisyiyah Ponorogo merupakan Lembaga yang berbasis Pondok Pesantren Asrama dan membina akhlak anak asuhnya agar menjadi anak yang cerdas, berbudi pekerti yang luhur, memiliki iman dan taqwa dan berguna untuk bangsa dan agama. Pendidikan akhlak ini sangat penting dan perlu diterapkan terhadap anak, tanpa terkecuali bagi anak penyandang disabilitas tunanetra dan tunagrahita. Pendidikan akhlak ini diharapkan mampu menjadi pondasi yang kuat dalam membentuk generasi yang berkualitas dan bertanggungjawab. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: untuk mengetahui apa implementasi pendidikan akhlak ta’awun antar anak tunanetra dan tunagrahita di Panti Asuhan Tunanetra Terpadu Aisyiyah Ponorogo, faktor penghambat dan pendukung serta hasil implementasi Pendidikan akhak ta’awun bagi anak tunanetra dan tunagrhita. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (Qualitatif Research), dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi, yang semuanya digunakan untuk menjawab tentang implementasi pendidikan akhlak ta’awun antar anak tunanetra dan tunagrahita. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Implementasi pendidikan akhlak ta’awun dilakukan melalui kegiatan pelajaran. Kegiatan pembelajaran tersebut salah satunya adalah dengan mengajarkan materi- materi keagamaan seperti materi akidah akhlak, fiqih dan beberapa pelajaran keagamaan yang lain dengan adanya materi pembelajaran tersebut diharapkan anak mampu menerapkan akhlak yang baik di dalam kehidupan sehari- hari. Sedangkan dalam metode pendidikan yang dilakukan adalah keteladanan, pembiasaan, nasehat dan dengan memberikan perhatian kepada anak asuh. (2) Faktor yang menjadi pendukung dalam pelaksanaan implementasi ini yaitu, adanya stuktur organisasi bagian kepengasuhan yang nantinya akan mengontrol kegiatan anak asuh di panti, kemudian lingkungan sosial dan sarana prasarana yang menunjang kegiatan pembelajaran. (3) Hasil dari pendidikan akhlak tersebut adalah diusia mereka yang masih muda akan tetapi mereka tumbuh menjadi anak yang luar biasa dengan keterbatasannya. Jiwa tolong- menolongnya sudah biasa dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: pendidikan akhlak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: fai , userfai
Date Deposited: 05 Oct 2021 02:20
Last Modified: 15 Nov 2021 03:49
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8247

Actions (login required)

View Item View Item