HUDA, MIFTAKHUL (2014) MODEL PENDIDIKAN KARAKTER DALAM RANGKA PENINGKATAN SIKAP DISIPLIN PADA SISWA-SISWA KELAS VII MTS NEGERI SAMPUNG PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
COVER DAN SEPERANGKAT LAINNYA skripsi.pdf Download (493kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (103kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (284kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (377kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (61kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Disiplin Siswa Pendidikan karakter diartikan sebagai : Karakter berasal dari akar kata bahasa Latin yang berarti dipahat (Hidayatullah, 2010: 12). Sebuah kehidupan, seperti sebuah blok granit yang dengan hati-hati dipahat atau pun dipukul secara sembarangan yang pada akhirnya akan menjadi sebuah mahakarya atau puing-puing yang rusak. Secara harfiah, karakter artinya kualitas mental atau moral, kekuatan moral, nama atau reputasi (Hidayatullah, 2010: 12). Karakter adalah penggambaran tingkah laku dengan menampilkan nilai (benar-salah, baik-buruk) baik secara implisit maupun eksplisit. Pendidikan karakter mengajarkan kebiasaan cara berpikir dan perilaku yang membantu individu untuk hidup dan bekerja bersama sebagai keluarga, masyarakat, dan bernegara serta membantu mereka untuk membuat keputusan yang dapat dipertanggungjawabkan. Dengan kata lain pendidikan karakter mengajarkan anak didik agar berpikir cerdas dan terbiasa mengaktivasi otak tengah secara alami. Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan disekolah tidak lepas dari sarana dan prasarana, manajemen sekolah serta lingkungan termasuk orang tua untuk tercapaintya tujuan pendidikan.Salah satu faktor yang tidak kalah pentingnya adalah pendidikan karakter. disiplin siswa adalah salah satu untuk mencapai tujuan pendidikan di samping metode, dan administrasi pendidikan. Penerapan pendidikan karakter terhadap siswa disekolah hendaknya dilaksanakan secara kontinyu, sinergi dan terkordinasi dengan komponen-komponen yang lain yang ada disekolah, yang juga merupakan keharusan. MTs Negeri Sampung, untuk membentuk tingkah laku kedisiplinan peserta didik dapat dilakukan dengan menggunakan pendidikan karakter dan pembiasaan berperilaku baik, jujur dan disiplin. Dengan membiasakan sikap disiplin pada peserta didik dalam dalan keggiatan sehari-hari oleh guru dan karyawan, dengan selalu mengingatkan dan menasehati peserta didik bila mereka lali dan tidak disiplin dengan cara yang baik dan santun. Terdapat beberapa contoh yang diberikan guru kepada peserta didik untuk selalu disiplin dalam segala hal apapun. Hal seperti observasi yang peneliti lakukan bahwa dalam membentuk tingkah laku disiplin pada peserta didik tak lepas dari adanya tata tertib yang ada serta guru memberikan contoh-contoh yang baik, seperti datang ke sekolah tepat waktu, membuang sampah pada tempatnya, serta pembelajaran dengan menggunakan pendidikan karakter disiplin.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 15 Jan 2015 02:14 |
Last Modified: | 15 Jan 2015 02:14 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/825 |
Actions (login required)
View Item |