RIBUT DWI ANGGRAINI, CHARLINA (2014) PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA SEBAGAI ALTERNATIF MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI BEDIWETAN KECAMATAAN BUNGKAL KABUPATEN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN SAMPUL.pdf Download (588kB) | Preview |
|
|
Text
ARTIKEL SKRIPSI.pdf Download (113kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (180kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (549kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (466kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (577kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (20kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Pemahaman dan Minat, Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. Rendahnya partisipasi siswa dalam mengikuti mata pelajaran matematika merupakan momok yang sulit dihilangkan. Semangat dan pemikiran yang rendah tersebut harus diperbaiki agar siswa diharapkan mempunyai pengetahuan matematika yang cukup serta mampu menerapkan dalam mengahadapi masalah yang muncul. Sesuai kenyataan di SD Negeri Bediwetan Kecamatan Bungkal Ponorogo tahun pelajaran 2013/2014, proses pembelajaran matematika masih telihat kurang kreatif sehingga berdampak pada ketakutan dan rasa bosan yang berakibat pada pemahaman dan minat belajar yang rendah. Untuk mengatasinya, hal yang harus dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran yang cocok agar siswa dapat berpikir kreatif dan inovatif salah satunya adalah pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dipadukan dengan permainan ular tangga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT melalui permainan ular tangga dapat meningkatkan pemahaman dan minat belajara matematika siswa kelas III SD Negeri Bediwetan Bungkal Ponorogo pada materi pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri Bediwetan tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 22 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus tindakan. Data hasil penelitian diperoleh dari tes hasil belajar, hasil observasi minat belajar dan angket minat siswa dianalisis dari keseluruhan aspek yang diamati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman dan minat belajar matematika siswa setelah dilakukan penerapan model pembelajaran koopertaif tipe TGT melalui permainan ular tangga mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil penelitian (selama siklus 1 dan siklus 2) menunjukkan bahwa rata-rata hasil tes (dari 16 siswa yang tuntas belajar menjadi 19 siswa yang tuntas belajar). Hasil observasi minat belajar siswa meningkat ditunjukkan dari hasil minat belajar (dari 12 siswa yang memenuhi kriteria keberhasilan menjadi 18 siswa yang memenuhi kriteria keberhasilan). Sedangkan hasil angket minat siswa dari sebelum dilakukan tindakan mengalami peningkatan pada siklus 1 dan siklus 2 (sebelum tindakan mencapai kriteria 14.9 menjadi 20 pada siklus 1 dan 21.73 pada siklus 2).
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 15 Jan 2015 02:19 |
Last Modified: | 15 Jan 2015 02:19 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/826 |
Actions (login required)
View Item |