PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO

Nuha Afifatul Istiqomah, Aulia (2021) PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DAN KREATIVITAS MENGAJAR GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah)
Surat Persetujuan Unggah Karya Ilmiah__AULIA__.pdf

Download (254kB)
[img] Text (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (785kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (342kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (876kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (698kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)
[img] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Aulia Nuha Afifatul Istiqomah. 2021. Pemanfaatan Sumber Belajar dan Kreativitas Mengajar Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 1 Ponorogo. Tesis. Program Strata 2 (S-2), Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: (I) Dr. Syarifan Nurjan, M.A (II) Dr. Afiful Ikhwan, M.Pd.I Kata Kunci: Sumber Belajar, Kreativitas Mengajar Guru, Hasil Belajar. Aktivitas pembelajaran merupakan kegiatan yang paling mendasar dalam keseluruhan proses pendidikan. Keberhasilan atau kegagalan pencapaian tujuan pendidikan sangat tergantung pada bagaimana mendesain dan melaksanakan kegiatan pembelajaran secara profesional. Sumber belajar dan kreativitas mengajar guru erat kaitannya dengan hasil belajar. Keduanya saling memberi pengaruh terhadap pemahaman belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menemukan (1) pemanfaatan sumber belajar, (2) kreativitas mengajar guru Pendidikan Agama Islam, dan (3) implikasi pemanfaatan sumber belajar dan kreativitas mengajar guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan hasil belajar siswa di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa data pada penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan melalui uji kedibilitas data, transferabelity, dependability, dan confirmability. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut : (1) Pemanfaatan sumber belajar di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo sangat bervariasi yaitu sumber belajar pokok (Al-Qur’an & Hadist) dan sumber belajar tambahan (guru, buku paket, buku-buku agama pendukung, artikel di internet, majalah, koran, video pembelajaran, masjid, perpustakaan, dll) (2) Kreativitas mengajar guru dalam pembelajaran meliputi: kreativitas dalam perencanaan pembelajaran, kreativitas pelaksanaan pembelajaran, kreativitas penilaian pembelajaran (3) Implikasi pemanfaatan sumber belajar dan kreativitas mengajar guru PAI terhadap peningkatan hasil belajar siswa sebagai berikut: meningkatkan pemahaman terhadap materi yang dipelajari, menumbuhkan motivasi dan semangat belajar pada siswa, melibatkan siswa dalam pengalaman belajar yang lebih bermakna, meningkatkan keaktifan, kemandirian, dan tangung jawab dalam belajar, meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Uncontrolled Keywords: Sumber Belajar, Kreativitas Mengajar Guru, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: pasca . userpasca
Date Deposited: 11 Oct 2021 06:25
Last Modified: 16 Nov 2021 02:24
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8316

Actions (login required)

View Item View Item