KOIRIYAH, SITI (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 1 KARANGLO KIDUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB 1 SITI.docx Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB II SITI.docx Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
Text
BAB III SITI.docx Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
Text
BAB IV SITI.docx Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
Text
BAB V SITI DAN DAFTAR PUSTAKA.docx Download (26kB) |
Abstract
Kata Kunci: Aktivitas, Prestasi dan Think Pair Share Masih rendahnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran matematika, sehingga siswa kurang memperhatikan penjelasan guru dan menyebabkan siswa menjadi ramai dengan temannya, akibatnya rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV SDN I Karanglo Kidul. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan, masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think-Pair-Share) pada siswa kelas IV SD Negeri I Karanglo Kidul tahun pelajaran 2013/2014?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mana penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pelaksanaan dalam tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sebagai subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN I Karanglo Kidul tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 28 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Pengumpulan data prestasi belajar siswa diperoleh dari tes prestasi belajar, data tentang aktivitas belajar siswa diperoleh dari lembar observasi aktivitas belajar siswa. Kemudian semua data yang terkumpul dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa Kelas IV SDN I Karanglo Kidul Tahun Pelajaran 2013/2014 yaitu Ketuntasan pada Siklus I adalah 60,71 % dan pada siklus II yaitu 75 %. Aktivitas siswa dalam pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus 1 aktivitas siswa dalam pembelajaran 4 aspek sudah memenuhi kriteria baik , 2 memenuhi kriteria cukup baik dan pada siklus II sudah memenuhi kriteria baik atau persentase ≥ 60 %. Hasil yang diperoleh ini telah mencapai indikator keberhasilan yakni ≥ 60%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 15 Jan 2015 04:18 |
Last Modified: | 15 Jan 2015 04:18 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/838 |
Actions (login required)
View Item |