Nurdiana, Hanik (2021) PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI DAN IMPLEMENTASINYA DI SDIT QURRATA A’YUN PONOROGO. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
0. Halaman Depan.pdf Download (1MB) |
||
|
Image
Formulir Unggah Karya.jpg Download (1MB) | Preview |
|
Text
1. BAB 1.pdf Download (189kB) |
||
Text
2. BAB II.pdf Download (433kB) |
||
Text
3. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
Text
4. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (287kB) |
||
Text
5. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) |
||
Text
6. BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
||
Text
7. Daftar Pustaka.pdf Download (230kB) |
||
Text
8. Lampiran.pdf Download (207kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pengembangan kurikulum PAI di SDIT Qurrata A’yun Ponorogo, mengetahui implementasi kurikulum PAI di SDIT Qurrata A’yun Ponorogo, mengetahui kendala yang dihadapi SDIT Qurrata A’yun Ponorogo dalam mengembangkan kurikulum PAI, dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi ADIT Qurrata A’yun Ponorogo dalam mengimplementasikan kurikulum PAI. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan uji credibility dengan cara perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, trianggulasi, diskusi dengan teman sejawat, dan membercheck. Data yang terkumpul kemudian dianalasisa menggunakan tekhnik: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Setelah dilakukan analisa penelitian ini menghasilkan temuan: 1) Metode yang digunakan dalam mengembangkan kurikulum Pebdidikan Agama Islam di SDIT Qurrata A’yun Ponorogo, antara lain; Pertama-tama para pimpinan mengadakan rapat menentukan tujuan dari pengembangan kurikulum yang disesuaikan dengan tujuan sekolah yaitu: meningkatkan kualitas layanan sekolah melalui penyempurnaan kurikulum terpadu dan sistem manajemen mutu. Setelah itu para pimpinan menentukan materi yang akan dikembangkan. Lalu para pimpinan melakukan sosialisasi kurikulum yang sudah dikembangkan kepada guru-guru untuk diimplementasikan dan dilaksanakan. 2) Implementasi Kurikulum PAI di SDIT Qurrata A’yun Ponorogo dilaksanakan ke dalam 3 tahap; mulai dari persiapan pembelajaran, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Dalam tahap persiapan pembelajaran guru membuat silabus dan RPP, dalam taham pelaksanaan guru melaksanakan pembelajaran PAI yang kurikulumnya sudah dikembangkan, dan dalam tahap evaluasi pembelajaran guru mengadakan tes atau ujian semester dan juga tes atau ujian husus tahfidz al-Qur’an yang meliputi tes sekali duduk dan tes tiap juz. 3) Kedala yang dihadapi SDIT Qurrata A’yun Ponorogo dalam mengembangkan kurikulum PAI adalah guru baru yang kurang kompeten dalam menghafal al-Qur’an sehingga butuh proses perekrutan guru PAI yang lebih seksama, dan kekurangan biaya. 4) Kendala yang dihadapi SDIT Qurrata A’yun Ponorogo dalam mengimplementasikan kurikulum PAI antara lain: kemampuan individu siswa yang berbeda-beda, keinginan siswa mengikuti ekstrakurikuler selain tahfidz al-Qur’an akibat kurangnya minat siswa mengikuti tahfidz al-Qur’an, dan kendala covid-19 yang menghambat proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Thesis (S2)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, kurikulum PAI, implementasi, SDIT Qurrata A’yun. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies |
Divisions: | Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 07 Dec 2021 06:16 |
Last Modified: | 07 Dec 2021 06:16 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8545 |
Actions (login required)
View Item |