IMPLEMENTASI KURIKUL UM PAI DI SMPIT SUBULUL HUDA MADIUN DAN KURIKULUM PAI SEBAGAI RUMPUN DI MTs NEGERI 9 MAGETAN

Hidayat, Lukman (2021) IMPLEMENTASI KURIKUL UM PAI DI SMPIT SUBULUL HUDA MADIUN DAN KURIKULUM PAI SEBAGAI RUMPUN DI MTs NEGERI 9 MAGETAN. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (730kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)
[img] Text
LAMPIRANN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan tentang bagaimana implementasi kurikulum PAI yang dilaksanakan di SMPIT Subulul Huda Madiun dan Mts Negeri 9 Magetan, serta mengetahui perbedaan dan persamaan implementasi kurikulum PAI pada kedua sekolah/madrasah tersebut Penelitian ini adalah penelitian lapangan, menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang hasilnya berupa data deskriptif yang berbentuk kata-kata dari orang-orang tertentu dan prilaku yang diamati, cara pengumpulan data dilakukan dengan Observasi, Wawancara, Dokumentasi, dan Trianggulasi. Dengan informan penelitian adalah: (1) Kepala Sekolah dan Madrasah, (2) Waka Kurikulum, (3) Guru mata pelajaran PAI, (4) Tenaga Pendidik. Data yang terkumpul diorganisir untuk ditafsirkan dan dianalisis menjadi pedoman dalam pelaporan. Hasil penelitian: 1) Implementasi kurikulum PAI di SMPIT Subulul Huda Madiun dan kurikulum PAI sebagai Rumpun di MTs Negeri 9 Magetan pada keduanya menggunakan kurikulum 2013 secara keseluruhan. SMPIT Subulul Huda Madiun menyatukan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, yang menyatukan seluruh kelompok mata pelajaran PAI ( Qur'an-Hadist, Aqidah• Akhlak, Fiqih dan Sejarah Kebudayaan Islam). Sedangkan di MTs Negeri 9 Magetan membagi mata pelajaran PAI dan Akhlak-Mulia yang terdiri dari kelompok mata pelajaran PAI yang terdiri dari ( Qur'an-Hadist, Aqidah-Akhlak, Fiqih dan Sejarah Kebudayaan Islam 2) Tentang perbedaan dan persamaan implementasi kurikulum pendidikan agama Islam, didapati kesamaan pada, Prinsip Pengembangan Kurikulum, Kompetensi Inti, Kegiatan Pembiasaan, Kegiatan Keteladanan, Syarat Kelulusan dan Kecakapan Hidup yang terdapat pada aspek (Keunggulan Lokal dan Keunggulan Global). Sedangkan perbedaan implementasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam di SMPIT Subulul Huda Madiun dengan MTs Negeri 9 Magetan terdapat pada Pengembangan kurikulum yang disesuaikan dengan visi, misi, tujuan dan ciri khas sekolah/madrasah, Struktur Kurikulum Pendidikan Agama Islam, dan Kriteria Ketuntasan Minimal.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum PAI, SMPIT dan MTs Negeri
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 08 Dec 2021 01:57
Last Modified: 08 Dec 2021 01:57
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/8547

Actions (login required)

View Item View Item