PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM PEMBELAJARAN GOOGLE SUITE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMK KESEHATAN BINA KARYA MEDIKA PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Muntaha, Moh (2022) PENGARUH PENGGUNAAN SISTEM PEMBELAJARAN GOOGLE SUITE TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMK KESEHATAN BINA KARYA MEDIKA PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Thesis (S2) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
Suket Unggah Karya.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Halaman Depan)
HAL. DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (532kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (565kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (407kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Full Teks_Tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK MOH MUNTAHA: Pengaruh penggunaan sistem pembelajaran google suite terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo tahun pelajaran 2021/2022. Tesis, Ponorogo: Program Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Ponorogo 2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan sistem pembelajaran Google Suite terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABP) di SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilakukan karena ditemukan beberapa permasalahan peserta didik antara lain yaitu belum dapat menyelesaikan tugas-tugas pembelajarannya sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan, kurangnya motivasi peserta didik dalam belajar di sekolah dan hasil evaluasi belajar kurang maksimal. Padahal sistem pembelajaran di sekolah sudah menggunakan sistem Google Suite. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas XII di SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo. Berdasarkan perhitungan penulis terhadap data peserta didik kelas XII di SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo, sampel terdapat 145 peserta didik. Teknik analisa data dalam penelitian kuantitatif adalah dengan menggunakan statistik. Kegiatan dalam analisa data adalah mengelompokkan data berdasarkan variabel dan jenis responden, mentabulasi data berdasarkan variabel dan seluruh responden, menyajikan data tiap variabel yang diteliti. Uji validitas adalah untuk membandingkan efektivitas penelitian ini rhitung dengan rtabel untuk degree of freedom (df) = n-2, dimana n adalah jumlah reponden. Jumlah responden dalam uji validitas penelitian ini adalah sebanyak 145 responden dan besarnya nilai df adalah 143 dengan taraf signifikansi 5%, jadi diperoleh nilai rtabel sebesar 0,163. Semua variabel independen dan dependen memiliki nilai Cronbach alpha lebih besar dari 0,60. Hal tersebut dapat ditunjukan dengan nilai t hitung sebesar 53.379, dan nilai signifikansi (p) sebesar 0,000 (p < 0,05). Sumbangan efektif Google Suite terhadap motivasi belajar siswa Pendidikan Agama Islam. Semua variabel dalam penelitian ini ditemukan kuat jadi disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan sistem pembelajaran Google Suite terhadap motivasi dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti (PABP) di SMK Kesehatan Bina Karya Medika Ponorogo Tahun Pelajaran 2021/2022. Kata Kunci : Google Suite, Motivasi, hasil belajar.

Item Type: Thesis (Thesis (S2))
Uncontrolled Keywords: Google Suite, Motivasi dan Hasil Belajar PAI
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Islamic Sudies
Depositing User: pasca . userpasca
Date Deposited: 13 Apr 2022 02:04
Last Modified: 13 Apr 2022 02:04
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/9017

Actions (login required)

View Item View Item