Fedora Elysia Putri, Calista (2022) PENGARUH TREN TAGAR #RACUNSHOPEE PADA PLATFORM MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP KONSTRUKSI KEPRIBADIAN KONSUMTIF MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO TAHUN ANGKATAN 2018. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA ILMIAH)
Surat Persetujuan Calista Fedora E. P..pdf Download (115kB) |
|
Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN-1.pdf Download (970kB) |
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (320kB) |
|
Text (BAB II)
BAB II-1.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf Download (284kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
Text (SKRIPSI FULL TEXT)
18240632_Calista Fedora Elysia Putri.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK PENGARUH TREN TAGAR #RACUNSHOPEE PADA PLATFORM MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP KONSTRUKSI KEPRIBADIAN KONSUMTIF MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO TAHUN ANGKATAN 2018 Calista Fedora Elysia Putri 18240632 Media sosial merupakan medium pada internet yang memungkinkan para penggunanya saling berinteraksi, berkomunikasi, dan membentuk ikatan sosial secara virtual. Platform media sosial saat ini menjadi hal yang selalu mengiringi kehidupan masyarakat global. Atensi masyarakat dalam kesehariannya tertuju pada informasi yang silih berganti hadir melalui media, sehingga informasi yang tersaji menjadi ukuran nilai yang dianut masyarakat dalam menjalani kehidupannya. Salah satu media sosial yang sedang menjadi platform dengan perhatian lebih saat ini ialah TikTok, dengan 92,2 juta lebih pengguna di Indonesia per-Juli 2021 (Internal Data, April 2021, Id Audience). Memiliki demografi pengguna utama di rentang usia 16-24 tahun, TikTok menjadi platform media sosial yang bersumbangsih dalam perkembangan budaya pop dan penciptaan tren, diantaranya ialah tren gaya hidup. Salah satu tagar pada platform media sosial TikTok yang bermuatan informasi rekomendasi produk dan gaya hidup ialah tagar #RacunShopee dengan jumlah tayangan lebih dari 16,2 milyar. Penelitian ini akan meneliti tentang pengaruh tagar #RacunShopee terhadap konstruksi kepribadian konsumtif mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo Tahun Angkatan 2018 dengan bersandar pada teori Konstruksi Realitas Sosial (social construction of reality). Dicetuskan oleh Peter L. Berger dan Thomas Luckmann, teori ini menggambarkan dinamika sosial melalui tindakan dan interaksi di dalamnya, dimana individu terus menerus menciptakan suatu realitas yang ia miliki dan alami bersama secara subjektif (Burhan Bungin, 2008: 14). Berger dan Luckmann berpendapat bahwa ada dialektika antara individu yang menciptakan masyarakat dan masyarakat yang menciptakan individu. Proses dialektika ini disebut Berger dengan “momen” yang terjadi melalui 3 tahap, yakni: eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode descriptive statistic frequency yang menghasilkan data presentase. Metode ini digunakan oleh peneliti untuk menghasilkan suatu data presentase yang telah terdeskripsikan secara otomatis saat pengolahan data SPSS. Sehingga, peneliti dapat mengetahui pengaruh dari variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y). Kata kunci: Media Sosial, Konstruksi Sosial, Tagar ABSTRACT Social media is a medium on the internet that allows its users to interact, communicate, and form virtual social bonds. platforms are now something that always accompanies the lives of global people. People's attention in their daily lives is focused on information that is alternately present through the media, so that the information presented becomes a measure of the values adopted by the community in living their lives. One of the social media platforms with more attention at the moment is TikTok, with over 92.2 million users in Indonesia as of July 2021 (Internal Data, April 2021, Audience ID). Having the main user demographic in the age range of 16-24 years, TikTok is platform that contributes to the development of pop culture and the creation of trends, including lifestyle trends. One of platform that contains information on product and lifestyle recommendations is the hashtag #RacunShopee with more than 16.2 billion views. This study will examine the effect of the #RacunShopee hashtag on the consumptive personality construction of the 2018 Muhammadiyah University Ponorogo students by relying on thesocial construction of reality. Initiated by Peter L. Berger and Thomas Luckmann, this theory describes social dynamics through actions and interactions in it, where individuals continuously create a reality that they have and experience together subjectively (Burhan Bungin, 2008: 14). Berger and Luckmann argue that there is a dialectic between the individual who creates society and society that creates the individual. This dialectical process is called Berger with "moments" that occur through 3 stages, namely: externalization, objectivation, and internalization. The method used in this research is descriptive statistical frequency which produces percentage data. This method is used by researchers to generate a percentage data that has been described automatically when processing SPSS data. Thus, researchers can determine the effect of the independent variable (X) on the dependent variable (Y). Keywords: Social Media, Social Construction, Hashtags
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social Media, Social Construction, Hashtags |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social Science and Political Science > Department of Communication Science |
Depositing User: | fisip . userfisip |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 06:33 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 06:33 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/9222 |
Actions (login required)
View Item |