PENERAPAN ALGORITMA FAST CORNER PADA APLIKASI PEMBELAJARAN PENGENALAN TATA SURYA UNTUK ANAK BERBASIS AUGMENTED REALITY

Deni Nurfaisandi, Brillian (2022) PENERAPAN ALGORITMA FAST CORNER PADA APLIKASI PEMBELAJARAN PENGENALAN TATA SURYA UNTUK ANAK BERBASIS AUGMENTED REALITY. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (Surat Persetujuan unggah karya ilmiah)
Surat persetujuan unggah karya ilmiah.pdf

Download (116kB)
[img] Text (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (199kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf

Download (363kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (946kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf

Download (192kB)
[img] Text (Skripsi Full Text)
Skripsi Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan adalah bentuk dari usaha yang sadar dan juga terjadwal guna terwujudnya nuansa dan proses belajar. Pendidikan dan pembelajaran bukan hanya dilakukan pada instansi sekolah saja, akan tetapi andil dari kedua orang tua yang aktif didalam proses suport serta memperjuangkan peningkatan kualitas dari pendidikan anak, baik secara formal ataupun informal itu sangat penting. Terdapat mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) yang diajarkan ke tingkat Sekolah Dasar, pada bidang IPA terdapat materi tentang tata surya. Buku merupakan sebuah media pendidikan yang ketika ini kerap dipergunakan didalam aktivitas belajar mengajar. Akan tetapi media ini dirasa belum relatif efektif agar materi bisa atau dapat disampaikan, terlebih materi yang cukup kompleks seperti tata surya ini. Perlu memberikan alat yang mampu berdampak positif untuk dipergunakan untuk perantara komunikasi didalam kegiatan belajar mengajar. Augmented Reality dapat digunakan menjadi media pembelajaran serta pengenalan mengenai delapan planet didalam tata surya, hasil tinjauan beberapa penelitian perihal AR ini didalam pendidikan disimpulkan bahwasanya dengan media perantara Augmented Reality mampu memberikan berbagai pengalaman dan kemanfaatan belajar yang efektif dan berdampak positif untuk siswa itu. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi pembelajaran dan pengenalan planet 3D berbasis Augmented Reality dengan menerapkan Fast Corner Detection. Pengujian algoritma FCD ini memiliki hasil bagus yaitu pendeteksian kurang dari 1 detik pada jarak dan sudut normal.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Fast Corner Detection, Ilmu Pengetahuan Alam, Multimedia Development Life Cycle, Planet
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatic Engineering
Depositing User: ft . userft
Date Deposited: 15 Aug 2022 06:16
Last Modified: 15 Aug 2022 06:16
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/9522

Actions (login required)

View Item View Item