ASUHAN KEBIDANAN CONTINUITY OF CARE PADA NY.T DARI MASA HAMIL SAMPAI DENGAN KELUARGA BERENCANA DI PMB VIVIN SULISTYAWATI. S.Tr.Keb JAMBON PONOROGO

Prastyaningsih, Yanis Wilujeng (2022) ASUHAN KEBIDANAN CONTINUITY OF CARE PADA NY.T DARI MASA HAMIL SAMPAI DENGAN KELUARGA BERENCANA DI PMB VIVIN SULISTYAWATI. S.Tr.Keb JAMBON PONOROGO. Tugas Akhir (D3) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text (SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA TULIS ILMIAH)
SURAT PERSETUJUAN UNGGAH KARYA TULIS ILMIAH.pdf

Download (339kB)
[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (574kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
[img] Text (LTA FULL TEXT)
LTA FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pelayanan continuity of care sudah seharusnya didapatkan oleh ibu hamil, bersalin, nifas, neonatus, hingga KB, namun kenyataannya belum semua ibu mendapatkan pelayanan kebidanan secara menyeluruh, berkesinambungan, dan berkualitas. Perlu adanya pemahaman tentang pentingnya asuhan continuity of care agar dapat menerapkan asuhan tersebut pada ibu hamil TM III, bersalin, nifas, neonatus, dan keluarga berencana secara berkelanjutan , komprehensif dan berkualitas. Untuk menunjang kemampuan dalam memberikan asuhan secara Continuity of Care (COC), maka perlu dipelajari konsep dan teori yang terkait meliputi asuhan kehamilan, persalinan, nifas, neonatus, dan asuhan KB menggunakan pendekatan manajemen kebidanan yang mengacu pada standar dan langkah-langkah manajemen asuhan kebidanan yang terdiri dari pengkajian, perumusan diagnosa, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi, metode penulisan menggunakan SOAPIE dan SOAP untuk data perkembangan. Pemberian asuhan kebidanan kehamilan pada Ny. T G3P10011 usia 31 tahun dilakukan dua kali kunjungan dimulai dari usia kehamilan 37-41 minggu, dilaksanakan tanggal 28 Januari 2022 - 11 Februari 2022. Ditemukan bahwa ibu termasuk pada kehamilan resiko tinggi. Keluar lendir bercampur darah yang merupakan awal tanda persalinan yang fisiologis. Sudah dilakukan asuhan sesuai dengan masalah. Ibu melahirkan pada usia kehamilan 41 minggu, persalinan berlangsung normal pada tanggal 23 Februari 2022 pukul 06.45 WIB lahir spontan ditolong bidan, bayi langsung menangis kuat, warna kulit kemerahan, gerak aktif, jenis kelamin laki-laki , langsung dilakukan IMD, berat lahir 3100 gram, panjang badan 50 cm, bayi mendapat salep mata dan Vit. K setelah lahir, mendapat imunisasi HB0. Plasenta lahir spontan lengkap, perdarahan normal ±300 cc terdapat luka jahitan derajat II. Kala III dan IV normal. Masa nifas dilakukan 3 kali kunjungan, laktasi, involusi dan lochea normal. Pada 6 jam postpartum Ny.T mengeluhkan ASI belum lancar dan nyeri pada luka bekas jahitan, Ny.T sudah BAK tetapi belum BAB. Pada kunjungan kedua ASI ibu sudah lancar dan sudah tidak nyerI di bekas luka jahitan, Pada kunjungan ketiga Ny. T tidak ada keluhan. Selanjutnya kunjungan neonatus dilakukan 3 kali, kunjungan pertama bayi tidak ada keluhan, kunjungan ke dua bayi mengalami penurunan berat badan, dan kunjungan ketiga bayi sudah mengalami kenaikan berat badan dan tidak ada masalah lainnya. Pada kunjungan KB keadaan ibu baik, pemeriksaan fisik dalam batas normal dan ibu memilih menggunakan KB Kondom. Secara keseluruhan Ny. T saat hamil merupakan kelompok resiko tinggi, persalinan normal, spontan belakang kepala, nifas normal, neonatus normal serta ibu memilih untuk menjadi peserta KB Alami yaitu Kondom. Harapannya bidan dapat menerapkan asuhan kebidanan secara continuity of care sehingga deteksi dini adanya kegawatdaruratan bisa segera teridentifikasi dan tertangani dengan baik.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir (D3))
Uncontrolled Keywords: Oedema, Asuhan Kebidanan
Subjects: R Medicine > RG Midwifery
Divisions: Faculty of Health Sciences > Department of Midwifery
Depositing User: fik . userfik
Date Deposited: 20 Sep 2022 06:31
Last Modified: 20 Sep 2022 06:31
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/10351

Actions (login required)

View Item View Item