BAROROH, AFIFATUL (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BANGUN DATAR PERSEGI DAN PERSEGI PANJANG DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KELAS VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (735kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (97kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (121kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (118kB) | Preview |
Abstract
Matematika geometri yang berperan penting dalam kehidupan sehari-hari menjadikan peserta didik harus menguasainya dengan baik, oleh karena itu guru harus mengajarkannya sesuai dengan kaidah pedagogik secara umum. Pembelajaran geometri akan mudah dipahami apabila berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dalam penjelasannya serta proses menalar siswa dapat ditingkatkan Sementara itu kebanyakan pembelajaran yang ada di sekolah saat ini masih menggunakan metode ceramah. Daya menalar siswa pun kurang berkembang. Dengan perkembangan pendidikan dan fasilitas dari pemerintah dalam mengembangkan potensi guru untuk terus berinovasi, seharusnya guru mampu membuat perangkat pembelajaran yang layak digunakan demi tercapainya citacita luhur pendidikan Indonesia. Tujuan penilitian ini adalah memberikan sumbangan produk perangkat pembelajaran yang berarti bagi upaya peningkatan kualitas pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan Model Pengembangan. Model pengembangan yang akan dipakai dalam penelitian ini adalah model pengembangan dengan pendekatan deskriptif, menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. langkah-langkah penelitian pengembangan yang digunakan adalah langkah-langkah penelitian pengembangan model Sugiyono dengan beberapa modifikasi. Yang dimaksud modifikasi dalam penelitian ini hanya digunakan sampai ujicoba terbatas produk, tidak sampai ujicoba yang lebih luas dikarenakan keterbatasan waktu. Langkah-langkah penelitian yang dimaksud memiliki delapan langkah yaitu: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Ujicoba terbatas produk, (7) Revisi produk, dan (8) Hasil akhir. Hasil dari penelitian ini adalah Perangkat Pembelajaran Bangun Datar Persegi dan Persegi Panjang pada kelas VII SMP dengan model Problem Based Learning(PBL) Uji coba terbatas yang dilakukan menunjukkan bahwa Perangkat Pembelajaran Bangun Datar Persegi dan Persegi Panjang pada kelas VII SMP dengan model Problem Based Learning(PBL)ini valid ( ) atau layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : perangkat pembelajaran, problem based learning
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 14 Apr 2015 05:08 |
Last Modified: | 14 Apr 2015 05:10 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1070 |
Actions (login required)
View Item |