PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DALAM BENTUK MODUL PADA MATERI MATRIKS SMA

YULIAN RIZAL, ERVAN (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DALAM BENTUK MODUL PADA MATERI MATRIKS SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN AWAL.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Image
HALAMAN PENGESAHAN.jpg

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (921kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata kunci: Modul, Matriks. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar dalam bentuk modul yang baik dan menarik bagi siswa. Dari hasil obeservasi penulis di SMA 1 JENANGAN, diketahui bahwa siswa masih kurang berminat dan termotivasi dalam belajar metematika. Hal ini dikarenakan siswa kurang beraktivitas dalam pembelajaran selama proses belajar mengajar berlangsung. Bahan ajar (buku paket) yang dipakai siswa dalam proses belajar mengajar dirasa kurang menarik minat siswa sehingga kurang diperhatikan siswa. Untuk menyelesaikan masalah tersebut diperlukan bahan ajar dalam bentuk modul yang bisa menjadi sumber belajar siswa yang memudahkan siswa mempelajari matematika. Penelitian ini digolongkan pada penelitian pengembangan ( development research ). Berdasarkan hasil penelitian. Modul yang dikembangkan adalah modul pembelajaran untuk materi matriks dengan adalah model 4-D yang terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu : define, design, develop, dan disseminate. Namun pengembangan modul pembelajaran ini hanya sampai pada tahap develop atau sampai pada tahap pengembangan saja. Berdasarkan keseluruhan proses pengembangan modul matematika pada materi matriks SMA dapat dikatakan baik dan secara umum dikatakan layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil persentase persepsi validator diperoleh persentase 85% dimana persentase tersebut masuk dalam kriteria sangat baik. Sedangkan respon siswa terhadap penggunaan modul adalah positif dilihat dari hasil angket respon siswa dengan skor total 86% disimpulkan bahwa modul layak digunakan, mudah dipahami, menarik, dan dapat memotivasi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 14 Apr 2015 05:34
Last Modified: 14 Apr 2015 05:34
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1075

Actions (login required)

View Item View Item