Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Bertanya Siswa Pada Pembelajaran Matematika di SMP Muhammadiyah 1 Ponorogo

KURNIASARI, SUBITA (2015) Implementasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Bertanya Siswa Pada Pembelajaran Matematika di SMP Muhammadiyah 1 Ponorogo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB1.pdf

Download (205kB) | Preview
[img] Text
BAB2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)
[img] Text
BAB3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)
[img] Text
BAB4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
BAB5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Bertanya sangat berguna bagi siswa untuk menemukan jawaban atau mengkonfirmasi suatu permasalahan yang tidak mereka ketahui. Bertanya merupakan salah satu tolak ukur apakah siswa sudah faham dengan materi yang disampaikan atau belum. Interaksi yang baik antara guru dengan siswa merupakan kunci keberhasilan suatu pembelajaran, hal ini dapat dilihat ketika siswa sudah mau berperan aktif di dalam kelas terutama bertanya tidak hanya guru yang aktif bertanya. Di SMP Muhammadiyah 1 Ponorogo kemampuan bertanya siswa masih rendah disebabkan karena siswa yang paham dan yang belum paham enggan mengajukan pertanyaan, malu, takut ditertawan siswa yang lain dan sebaginya. Terkait dengan hal tersebut guru harus mempunyai strategi yang baik untuk memfasilitasi kemampuan bertanya siswa, salah satu strategi tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan bertanya siswa kelas VII SMP Muhamadiyah 1 Ponorogo melalui model pembelajaran Learning cycle 5E dalam pembelajaran matematika. Rancangan penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus I dan siklus II dengan tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Ponorogo sebanyak 29 siswa. Sumber data berasal dari siswa dan guru. Tingkat keberhasilan dapat dilihat dengan mengamati tingkat kemampuan bertanya siswa baik secara lisan maupun tertulis meliputi jumlah pertanyaan, relevansi terhadap materi dan bahasa yang digunakan untuk kemampuan bertanya secara lisan yang diperoleh dari akhir siklus I dan akhir siklus II. Analisis data menggunakan teknik analisis statistic deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Learning cycle 5E dapat meningkatkan kemampuan bertanya siswa pada siswa kelas VII SMP Muhamadiyah 1 Ponorogo, hal dapat dilihat dari perolehan dari kemampuan bertanya yang berhasil dicapai siswa berdasarkan lembar observasi pada siklus 1 adalah sebesar 1, 67 berada dalam kategori cukup, pada siklus 2 menjadi 2,42 berada dalam kategori baik dengan pembelajaran ini siswa lebih sedikit terlatih dan tertantang untuk memahami materi dan mengerjakan soal – soal pemecahan masalah sendiri, siswa sudah berani berperan aktif saat diskusi. Motivasi siswa untuk bertanya meningkat karena pemberian reward bagi siswa yang berani bertanya. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Learning cycle 5E, Kemampuan Bertanya, Pembelajaran Matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 15 Apr 2015 02:25
Last Modified: 15 Apr 2015 02:25
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1085

Actions (login required)

View Item View Item