PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI TERSTRUKTUR PADA POKOK BAHASAN PROGRAM LINEAR UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI

Ainur Rofi’ah, Ufi (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN INKUIRI TERSTRUKTUR PADA POKOK BAHASAN PROGRAM LINEAR UNTUK SISWA SMA/MA KELAS XI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (763kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (511kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Integrasi teknologi dan informasi berdampak pada perkembangan dalam dunia pendidikan. Kemajuan teknologi dimanfaatkan salah satunya untuk membuat media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Adanya perangkat bantu yang menggabungkan dari beberapa jenis media tersebut memudahkan siswa untuk belajar dimana dan kapan saja. Inkuiri merupakan pendekatan yang mendorong siswa untuk melakukan penyelidikan agar siswa dapat membangun sendiri pengetahuan di dalam benaknya. Agar penyampaian suatu media pembelajaran efektif diperlukan penggunaan multimetode dan multimedia yang mampu membantu siswa dalam berpikir kritis, logis, dan analitis. Letak kesulitan siswa dalam pembelajaran program linear seperti menentukan model matematika, sistem pertidaksamaan, daerah penyelesaian dan nilai optimum. Keterbatasan dan media yang kurang mendukung dalam memvisualisasikan konsep-konsep tersebut menjadi salah satu kendala dalam pembelajaran tersebut.Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media yang berbasis multimedia interaktif menggunakan pendekatan inkuiri pada pembelajaran program linear untuk siswa kelas XI SMA/MA. Dengan memanfaatkan media pembelajaran tersebut diharapkan dapat membantu siswa dalam mengatasi permasalahan dalam pembelajaran program linear. Metode penelitian yang digunakan merupakan metode penelitian dan pengembangan Sugiyono yang telah dimodifikasi. Langkah-langkah dari metode peneltian tersebut adalah potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, dan hasil akhir. Data penelitian adalah hasil dari validasi dari validator dan uji coba yang dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil validasi materi pembelajaran menunjukkan bahwa media pembelajaran hasil pengembangan berkategori sangat valid dengan persentase 87,5%. Sedangkan validasi desain media pembelajaran masuk dalam kategori valid dengan persentase 84,8%. Ketika diujicoba media pembelajaran medapatkan persentase kevalidan sebesar 84,5%. Sehingga media pembelajaran yang dikembangkan dapat dikatakan layak dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran. Keunggulan dari media pembelajaran yang telah dikembangkan ini dibandingkan dengan media pembelajaran yang telah ada diantaranya terdapat beberapa tombol pengendali pembelajaran yang dapat memudahkan untuk siswa dalam mengontrol laju pembelajaran. Selain itu dengan menggunakan konsep multimedia interaktif pembelajaran menjadi lebih menarik, karena dengan menggabungkan beberapa unsur media yang mampu memberikan feedback terhadap respon yang dialamai siswa. Dari segi penyampaian materi pembelajaran, media pembelajaran memiliki keunggulan dengan menggunakan pendekatan inkuiri. Hal tersebut membantu siswa dalam mengembangkan pengetahuan mereka melalui penyelidikan pada proses yang disediakan pada media pembelajaran. Kata kunci: Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Pendekatan Inkuiri, Program Linear.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 29 Oct 2015 04:11
Last Modified: 29 Oct 2015 04:11
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1213

Actions (login required)

View Item View Item